Minggu, 30 Juli 2017

Bolehkah Makan Bakso? Ini Jawabannya!

Bakso yaitu makanan yang menjadi favorit bagi banyak masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih serta tekstur dagingnya yang khas membuat hampir semua orang menyukainya , termasuk para ibu hamil. Namun , bolehkah ibu hamil makan bakso? Apakah konsumsi bakso bagi ibu hamil terbilang aman? Adakah risiko makan bakso selama kehamilan terhadap perkembangan janin? Untuk tahu jawabannya , simaklah pemaparan berikut!

Bolehkah Makan Bakso

Beberapa situs kehamilan yang bertebaran di internet menginformasikan bahwa konsumsi bakso selama kehamilan mampu menyebabkan beberapa problem serius terhadap pertumbuhan janin , menyerupai risiko bayi lahir cacat , berat bayi lahir rendah , hingga timbulnya gejala autisme.

Bolehkah  Makan Bakso

Informasi terkait bolehkah ibu hamil makan bakso tersebut tentu sangat mengkhawatirkan terutama bagi mereka yang gres hamil pertama kali. Daripada menjadikan problem bagi bayi yang dikandungnya , kebanyakan dari mereka kemudian lebih memilih untuk menghindari makan bakso ketika hamil. Namun , bahwasanya benarkah gosip ini?

Informasi tersebut bahwasanya tidak sepenuhnya benar. Bakso yang diolah dari bahan-bahan berkualitas menggunakan cara pengolahan yang sempurna , tentu tidak akan menjadikan problem bagi ibu hamil. Anda tetap boleh makan bakso ketika hamil , asalkan Anda dapat memastikan ke-higienis-an bakso yang Anda makan.

Bakso dibuat dari daging sapi , sehingga tentunya ia akan mengandung banyak sekali nutrisi penting yang menunjang bagi kesehatan kehamilan , menyerupai protein , zat besi , omega 3 , selenium , dan vitamin B kompleks. Oleh alasannya yaitu itu , Anda justru akan memperoleh manfaat jikalau sesekali mengkonsumsinya.

Kendati terbilang aman , Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal jikalau memutuskan untuk menkonsumsi bakso selama kehamilan.

1. Bakso Buatan Sendiri

Pertama , Anda dianjurkan untuk membuat bakso sendiri di rumah. Mengkonsumsi bakso buatan sendiri akan menghapuskan segala kecemasan Anda terkait kualitas olahan bakso yang Anda makan. Selain itu , Anda juga dapat mengatur seberapa banyak bumbu penyedap , garam , dan komposisi materi lainnya yang mungkin berisiko terhadap kesehatan.

2. Jangan Beli Bakso Sembarangan

Hindari untuk membeli bakso dari warung , penjaja keliling , atau sebangsanya. Kita tidak mampu memastikan apakah mereka benar-benar membuat bakso dari materi yang baik , apakah mereka tidak mencampurkan materi pengawet ke dalam bakso , dan lain sebagainya.
Ikan Asin untuk
Agar Kulit Bayi Putih
Bolehkah Berpuasa

3. Bahan Pengawet Berbahaya

Kekhawatiran utama dari konsumsi bakso yang dibeli dari penjaja yaitu kandungan materi pengawet yang ditambahkan ke dalam bakso tersebut. Seperti diketahui bahwa ketika ini memang cukup banyak pedagang badung yang menambahkan formalin , boraks , dan materi kimia berbahaya lainnya ke dalam produk makanan yang mereka olah sebagai pengawet.

Kandungan bahan-bahan pengawet tersebut , bagi orang yang tidak hamil memang tidak akan menjadikan efek secara eksklusif , akan tetapi jikalau hingga dikonsumsi janin , maka risiko terganggunya pertumbuhan otak janin (cacat tabung syaraf) akan menjadi tinggi.

4. Toksoplasma dari Daging Sapi

Selain kekhawatiran terhadap kandungan materi pengawet , ajuan untuk tidak makan bakso yang dijajakan ketika hamil juga muncul alasannya yaitu materi dasar bakso , yakni daging sapi yang sudah tidak segar. Daging yang tidak segar memiliki risiko kandungan kuman toksoplasma tinggi. Jika hingga ke janin , kuman toksoplasma dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

5. Garam dan Hipertensi

Dan terakhir yaitu garam. Garam yang terlalu banyak pada bakso mampu meningkatkan risiko naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi yaitu problem serius bagi banyak kehamilan. Terutama jikalau Anda mengidap hipertensi , hindarilah mengkonsumsi terlalu banyak garam pada makanan Anda , termasuk juga pada bakso yang Anda makan.

Demikian balasan yang dapat kami sampaikan terkait pertanyaan bolehkah ibu hamil makan bakso. Kesimpulannya , Anda tetap boleh mengkonsumsi bakso asalkan dalam batas normal dan dapat memastikan kualitas bakso yang Anda makan. Tetaplah jadi ibu hamil yang cerdas! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar