Minggu, 30 Juli 2017

Bolehkah Makan Ikan Asin? Ini Jawabannya!

Bolehkah Makan Ikan Asin – Kesehatan ibu hamil ketika usia kehamilan 2 hingga 9 bulan memanglah sangat rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit sendiri dapat terjadi karena disebabkan oleh lingkungan sekitar dan konsumsi makanan setiap hari. Maka dari itu setiap ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi setiap makanan. Berbagai jenis makanan dari buah , sayuran , dan daging menawarkan manfaat bagi kesehatan janin , tetapi ada juga beberapa makanan yang memiliki efek buruk pada kesehatan badan serta janinnya.

Salah satu jenis makanan yang dianggap memiliki efek buruk bagi kesehatan yakni ikan asin. Beberapa sumber pustaka yang kami miliki menyebutkan bahwa ikan asin yakni jenis lauk yang paling sering dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat , termasuk para ibu hamil. Harga ikan asin yang murah dan mudah untuk didapatkan menjadi alasan kenapa jenis lauk ini sangat digemari. Lalu , terkait dengan kehamilan , bagaimana sebetulnya dunia medis menanggapi problem ini? Bolehkah ibu hamil makan ikan asin? Untuk tahu jawabannya , silakan simak pembahasan berikut!

Bolehkah  Makan Ikan Asin

Bolehkah Makan Ikan Asin

Banyak gosip yang menyatakan bahwa konsumsi ikan asin selama kehamilan mampu menawarkan efek buruk bagi perkembangan janin. Akan tetapi , ada pula beberapa gosip yang menyebut bahwa konsumsi ikan asin bagi ibu hamil dapat membantu mencukupi kebutuhan protein. Simpang siurnya gosip ini tentu membuat sebagian besar ibu hamil bingung.

Ikan asin dikatakan buruk bagi kesehatan ibu hamil jikalau dalam pengolahannya memakai bahan-bahan kurang sehat ibarat pengawet dan zat kimia. Tetapi jikalau diolah dengan langkah-langkah sempurna tanpa ada materi pengawet maka tidak akan berdampak buruk bagi janin. Sayangnya , ketika ini sangat sulit membedakan ikan asin yang dibumbui zat pengawet ataupun yang tidak sama sekali.

Sedangkan dari manfaatnya sendiri ikan asin tidak berbeda jauh dengan jenis ikan lainnya. Jenis ikan lainnya juga memiliki kandungan nutrisi yang memiliki protein , mineral , dan vitamin serta beberapa kandungan lainnya yang sangat penting bagi tubuh.

Tips Konsumsi Ikan Asin Selama Kehamilan

Bagi para ibu hamil sebaiknya memerhatikan beberapa aspek berikut ini yang sangat penting dalam menjaga kesehatan badan jikalau menggunakan ikan asin sebagai menu di makanan setiap hari.

1. Lebih Selektif Dalam Menentukan Jenis Ikan Asin

Untuk memilih ikan asin berkualitas dan tidak mengandung banyak zat beracun setidaknya Anda juga harus lebih jeli dalam menentukan jenis ikan asin mana yang akan Anda konsumsi. Dalam hal ini , ikan teri mampu jadi satu opsi bagi para ibu hamil. Dibandingkan dengan jenis ikan asin lainnya , ikan teri biasanya mengandung lebih sedikit zat pengawet. Selain itu , beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil , ibarat ikan mas , ikan bawal , dan ikan lele yang tidak diasinkan juga mampu menjadi pilihan.

2. Kurangi Frekuensi Konsumsi Ikan Asin

Pertanyaan bolehkah ibu hamil makan ikan asin bahwasanya mampu memberi gambaran kepada kita bahwa dalam mengkonsumsi ikan asin harus sesuai takaran. Anda mampu mengkonsumsi ikan asin pada ketika tertentu saja. Dikarenakan mampu mengakibatkan efek buruk kepada perkembangan janin yang disebabkan banyaknya kandungan zat pengawet masuk ke dalam janin , konsumsi ikan asin selama kehamilan sebaiknya dibatasi.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Pada ketika kondisi ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi , sebaiknya hindari makan ikan asin. Ikan asin yang dikonsumsi selama ibu mengalami hipertensi akan dapat memperburuk kondisi kesehatan. Kandungan garam tinggi dalam ikan asin yakni faktor pemicunya.

4. Cucilah Ikan Asin Sampai Bersih

Sebelum mengolah ikan asin menjadi satu kuliner , sebaiknya Anda basuh dahulu ikan asin untuk mampu meminimalisir materi atau zat pengawet di dalam ikan tersebut. Bila perlu , Anda juga dapat merendamnya beberapa ketika biar kandungan garam yang ada didalamnya dapat terlepas karena larut dalam air rendaman.

Nah , itulah beberapa tips dan tanggapan wacana pertanyaan bolehkah ibu hamil makan ikan asin. Makan ikan asin bahwasanya tidak akan menawarkan efek buruk bagi badan dan kehamilan Anda selama dikonsumsi dalam batas wajar.  Teliti dalam menentukan jenis ikan asin yang dikonsumsi serta membatasi jumlah dan frekuensi konsumsi mampu menjadi cara efektif untuk mencegah timbulnya problem kesehatan bagi bayi dan badan Anda. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar