Senin, 31 Juli 2017

6 Latihan Agar Bayi Cepat Jalan [Cara Sederhana Tapi Ampuh]

Agar Bayi Cepat Jalan / Bayi memang akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam banyak sekali hal di tahun pertama hidupnya. Yang sebelumnya Anda mungkin hanya bisa melihatnya berbaring di kawasan tidur , seiring pertumbuhannya , ia akan mulai mencar ilmu duduk , merangkak , berdiri , merambat , dan di usia 9 bulan balasannya ia sudah bisa melangkahkan kakinya untuk berjalan.

Agar Bayi Cepat Jalan

Perkembangan kemampuan masing-masing bayi memang berbeda-beda. Kendati begitu , pada umumnya , mereka dapat memulai langkah pertamanya di usia 9 bulan. Jika bayi Anda telah mencapai usia tersebut namun ia masih belum berani berjalan sendiri , cobalah lakukan beberapa tips dan cara biar bayi cepat jalan berikut ini supaya ia terstimulasi dan memiliki keberanian lebih.

Agar Bayi Cepat Jalan

1. Latihan Berdiri Tegak

Bayi tak mungkin akan memulai langkah pertamanya jikalau untuk berdiri saja ia masih terhuyun. Oleh alasannya ialah itu , biar bayi cepat jalan cobalah untuk melatihnya berdiri tegak. Untuk itu , berdirikan ia , lepaskan pegangan Anda , dan biarkan ia selama 30 detik. Bila bayi Anda terjatuh , biarkan ia dan terus motivasi dengan kata-kata penyemangat biar ia bangun sendiri dan berdiri kembali.

2. Latihan Merambat

Agar bayi cepat berjalan , jangan lupa pula untuk melatihnya berjalan merambat setelah ia telah bisa berdiri tegak. Tempatkan bayi Anda dalam box tidurnya , bimbing ia biar berdiri dan merambat dengan berpegangan pada dinding box. Untuk memastikan keamanannya , usahakan untuk selalu menemani mereka ketika berlatih merambat di dalam boxnya.


3. Latihan Berjalan dengan Pegangan

Setelah bayi fasih merambat , selanjutnya latihlah ia berjalan dengan sumbangan pegangan tangan Anda. Latih ia melangkahkan kaki sambil kedua tangannya dipegangi. Bila telah memungkinkan , lepaskan pegangan tangan Anda yang satu dan biarkan ia terus melangkah dengan hanya memegang satu tangan saja.

Latihan ini sebaiknya dilakukan pagi hari dikala rumput masih berembun. Melatihnya berjalan di atas rumput lembap akan membuat syaraf dan otot kakinya terbiasa dan peka terhadap pijakan.

Agar Bayi Cepat Jalan

4. Latihan Berjalan dengan Baby Walker

Tips latihan biar bayi cepat jalan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memberinya baby walker. Baby walker ialah alat berupa kereta dorong atau semacamnya yang dapat menstimulasi keberanian dan langkah bayi untuk mulai mencar ilmu berjalan sendiri. Alat ini memiliki beragam jenis dan dapat dibeli dengan harga yang variatif pula tentunya.
Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara Tradisional
7 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
7 Cara Alami Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi [Tradisional Ampuh]
Penyebab Bayi Sering BAB dan Cara Mengatasinya
Anda juga bisa membuat baby walker sendiri di rumah menggunakan bambu atau kayu yang dirancang sedemikian rupa sehingga bentuknya mirip gambar di bawah ini. Meskipun terbilang tingkat keamanannya rendah , namun orang bau tanah zaman dulu terbiasa menggunakan alat ini untuk menstimulasi bayinya biar cepat berjalan.

Agar Bayi Cepat Jalan

5. Stimulasi dengan Mainan dan Makanan

Agar bayi cepat berjalan , Anda juga dapat menstimulasi kemampuannya dengan mainan , makanan , atau sesuatu yang disukainya. Ulurkan tangan Anda mirip hendak memperlihatkan benda tersebut sehingga ia mau berdiri , kemudian mundurlah satu langkah , biar bayi yang sudah berdiri mau melangkahkan kakinya.

Berlutut di depan bayi Anda yang berdiri dan ulurkan tangan Anda mirip gerakan menggendong juga bisa menjadi pilihan stimulasi yang dapat Anda lakukan.

6. Pijat Kaki Bayi

Ada kalanya , bayi yang telah berusia 1 ,5 tahun belum bisa melangkah dan berjalan. Jika ini terjadi pada bayi Anda , cobalah untuk sering memijat kakinya biar anutan darahnya lancar dan otot-ototnya tidak kaku. Teknik pijatan bisa dilakukan secara sederhana dengan mengusapnya kakinya ke bawah terus menerus secara berulang-ulang menggunakan minyak goreng atau minyak zaitun.

Nah , demikianlah beberapa latihan biar bayi cepat jalan yang bisa Anda lakukan. Jangan sering menggendongnya terutama dikala usianya telah mencapai 7 bulan. Biarkan ia secara alami melatih kemampuannya sendiri. Jika usia 2 tahun bayi Anda masih belum juga dapat berjalan , segeralah hubungi tenaga kesehatan dan diskusikan masalahnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar