Selasa, 15 Agustus 2017

10 Makanan Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Keguguran ialah suatu momok paling seram bagi hampir semua wanita hamil di dunia.  Betapapun , harapan untuk menimang buah hati dan memiliki anak sebagai penerus generasi tentu akan musnah kalau petaka satu ini terjadi. Adapun , di antara aneka macam penyebab keguguran , faktor makanan ialah faktor yang paling mudah untuk dihindari. Menyadari hal itu , mengenal makanan apa saja yang dapat menyebabkan keguguran dan memastikan tidak mengkonsumsinya selama kehamilan ialah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Oleh dasar tersebut , berikut ini makanan penyebab keguguran sebagai info khusus bagi Anda.

Makanan Penyebab Keguguran

makanan penyebab keguguran
Dalam kehidupan sehari-hari , sesungguhnya ada banyak sekali makanan yang mampu kita konsumsi. Namun , selama kehamilan seorang wanita patut selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dimakannya. Ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat menyebabkan timbulnya persoalan selama dan sesudah kehamilan. Bahkan , di antara makanan-makanan tersebut ada yang hingga mampu membuat seorang ibu hamil mengalami keguguran. Apa saja makanan penyebab keguguran tersebut?

1. Nanas

makanan penyebab keguguran
Nanas termasuk jenis buah yang dipantang bagi ibu hamil. Terutama nanas muda , buah ini mampu menyebabkan seorang ibu hamil di masa kehamilan awal mengalami hal yang sangat tidak diharapkan. Keguguran mampu terjadi akhir senyawa kimia berupa enzim bromealin dan protease dalam buah nanas yang dapat memicu keguguran. Kedua enzim ini membuat suhu air ketuban meningkat secara drastis sehingga menghambat pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan. Tidak ada batasan aman dalam konsumsi buah nanas muda selama kehamilan. Oleh alasannya itu , pastikan Anda tidak mengkonsumsi buah penyebab keguguran yang satu ini.

2. Kepiting

makanan penyebab keguguran
Kepiting , selama ini kita kenal sebagai makanan laut yang kaya gizi. Proteinnya cukup tinggi serta kandungan omega 3 di dalamnya tentu sangat baik sebagai asupan nutrisi terutama selama kehamilan. Namun , tahukah Anda kalau makan kepiting rupanya justru sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Kepiting mengandung merkuri dan beberapa logam berat yang berbahaya bagi janin. Menyusutnya ukuran rahim dan pendarahan genital sangat mungkin terjadi bagi para ibu hamil yang mengkonsumsi salah satu makanan penyebab keguguran ini selama trimester kehamilan awal.

3. Buah Delima

makanan penyebab keguguran
Buah dan biji delima ialah 2 makanan yang sangat berbahaya bagi kehamilan Anda. Keduanya mampu memicu terjadinya kontraksi berpengaruh di rahim. Bukan hanya omong kosong. Hal ini sudah pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Harvard. Sangat mengerikan memang. Oleh alasannya itu , hindari mengkonsumsi buah dan biji delima terutama pada trimester awal kehamilan.

4. Ikan

makanan penyebab keguguran
Sama halnya ibarat kepiting , ikan laut –terutama yang jenis predator , ibarat tongkol , kakap , dan sebagainya- memang tergolong berbahaya bila dikonsumsi selama kehamilan. Ikan laut biasanya mengandung merkuri , sejenis logam yang mampu membuat pertumbuhan janin terhambat dan bahkan terhenti. Selain itu , ikan kaleng dan ikan asin keduanya juga patut dihindari. Ya , mereka mengandung pengawet dan garam cukup tinggi sehingga mampu memicu terjadinya kenaikan tekanan darah dan retensi air.

5. Pepaya Muda

Buah pepaya muda biasanya digunakan sebagai salah satu buah aksesori petisan. Bersama dengan mangga muda dan kedondong , ibu hamil yang nyidam umum memasukan buah ini daftar buah kesukaannya. Namun , tahukah Anda kalau buah pepaya muda mengandung getah cukup banyak. Getah inilah yang menyebabkan mengapa buah pepaya muda masuk ke dalam daftar makanan penyebab keguguran.

Untuk menghindari efek negatif dari getah dalam buah pepaya muda , sesungguhnya ada trik yang mampu dilakukan. Ya , merendam buah pepaya muda dalam air garam terbukti efektif mengangkat semua getah yang ada di dalam buah tersebut. Namun , hal ini hanya boleh dilakukan kalau memang Anda tak tahan ingin mengkonsumsinya. Itupun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

6. Durian

makanan penyebab keguguran
Buah durian termasuk dalam makanan penyebab keguguran alasannya kandungan asam arachidonat dan alkoholnya yang tinggi. Asam arachidonat ialah senyawa yang dapat memicu terbentuknya prostaglandin sehingga dapat merangsang terjadinya kontraksi pada rahim , sedangkan alkohol dapat menimbulkan kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah.

7 dan 8. Daging dan Telur

Daging dan telur yang tidak dimasak dengan cara yang benar dapat berpotensi menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Daging kambing mengandung basil toksoplasma sedangkan telur mengandung basil listeria. Kedua basil ini ialah persoalan besar bagi perkembangan janin. Mereka mampu menyebabkan bayi lahir cacat dan keguguran di awal kehamilan. Jika Anda ingin mengkonsumsinya , pastikan kedua materi makanan ini diolah hingga benar-benar masak pada suhu yang tinggi semoga basil listeria dan toksoplasma mampu benar-benar mati.

9 dan 10. Keju dan Susu

Keju dan susu yang tidak diolah melalui pasteurisasi biasanya masih mengandung banyak mikroorganisme berbahaya. Listeria ialah salah satu basil yang pasti terdapat di dalamnya. Bakteri ini bekerja dengan sangat cepat dalam menghambat pertumbuhan janin. Pastikan keju dan susu yang Anda konsumsi memiliki label “dipasteurisasi” pada kemasannya , kalau Anda ingin memiliki kehamilan yang sehat.

Nah , itulah 10 makanan penyebab keguguran di awal kehamilan yang sepatutnya mulai sekarang Anda hindari. Dan untuk lebih jelasnya terkait apa saja penyebab keguguran , silakan kunjungi artikel kami yang membahas hal tersebut secara lengkap di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar