Selasa, 15 Agustus 2017

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda ? Ini Tips Mengatasinya!

Pertumbuhan dan perkembangan janin yang terus membesar secara pribadi akan membuat otot-otot rahim menjadi kian merenggang. Bukan hanya otot rahim , otot-otot di sekitar pangkal paha , perut , dan sepanjang tulang punggung juga tak pelak akan ikan melebar sampai membuat tubuh menjadi mudah mengalami sakit pinggang dikala hamil muda. Meski merupakan hal yang normal , sakit pinggang ini tentu akan membuat hari-hari di masa kehamilan menjadi tidak nyaman , oleh akibatnya beberapa tindakan perlu dilakukan untuk mengatasi duduk perkara ini.

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Membesarnya ukuran perut yang berlangsung selama kehamilan muda terkadang memang mampu membuat keseimbangan tubuh ibu hamil jadi terganggu. Kita tentu sering melihat kebiasaan para ibu hamil dikala berjalan dengan sengaja mencondongkan tubuhnya ke arah belakang. Nah , hal ini sesungguhnya harus dihindari alasannya justru akan membuat bab pinggang jadi sakit.

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda
Sakit pinggang dikala hamil muda sesungguhnya mampu diatasi dengan mudah. Beberapa tips dibawah ini mungkin mampu Anda terapkan untuk mengatasi sakit pinggang yang Anda derita:

1. Posisi Berdiri yang Tepat

Jika Anda lebih banyak beraktivitas dengan posisi bangun , maka pilihlah posisi bangun yang benar. Posisi bangun yang benar untuk ibu hamil muda yaitu dengan bangun tegak , jangan melengkungkan punggung dan tubuh ke arah belakang , serta punggung lurus sejajar dengan posisi bahu.

2. Jangan Berdiri Terlalu Lama

Berat tubuh yang tertumpu di bab perut mengharuskan Anda untuk menghindari posisi bangun yang terlalu lama , meskipun kondisi kehamilan Anda masih tergolong muda. Selain mampu membuat sakit pinggang , bangun terus menerus selama 6 jam mampu membuat bayi Anda tumbuh dengan tidak seimbang. Perbanyak istirahat dengan duduk , berbaring , atau bersandar di sela-sela posisi Anda bangun yaitu tips yang perlu Anda lakukan.

3. Posisi Duduk yang Tepat

Jika Anda lebih banyak beraktivitas dengan posisi duduk , maka usahakanlah tulang punggung Anda duduk sejajar dengan sandaran kursi. Kaki juga harus menapak ke lantai supaya Anda lebih nyaman.

4. Relaksasi

Relaksasi otot ringan juga dapat Anda lakukan selama beraktivitas. Caranya yaitu dengan menarik nafas panjang dan dalam , kemudian menghembuskannya secara perlahan melalui ekspresi (seperti gerakan Yoga). Teknik relaksasi ini dapat dilakukan dikala sakit pinggang mulai muncul dan terasa. Meski terkesan sederhana , bagi saya ini yaitu tips yang cukup berguna.

5. Saat Beraktivitas

Saat mengambil sesuatu yang ada dilantai , usahakan jangan pribadi membungkuk dan mengambilnya. Ambil posisi tegak bangun , kemudian satu lutut ditekuk dan perlahan Anda turun sembari mempertahankan posisi punggung tetap tegak , dan ambil barang yang jatuh di lantai tadi. Tips ini sangat memiliki kegunaan untuk menghindari sakit pinggang dikala hamil muda yang biasa terjadi setelah Anda melaksanakan acara dapur.

6. Ikuti Senam Hamil

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda
Jika dibutuhkan , ikutilah acara senam hamil yang biasanya diselenggarakan di sentra kesehatan di kota Anda. Rumah sakit atau posyandu biasanya mengadakan acara ini khusus untuk wanita hamil renta biar proses persalinannya berjalan dengan mudah. Anda juga tentu boleh mengikutinya untuk meringangkan rasa sakit pinggang dikala hamil muda ini.

Nah , itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang dikala hamil muda. Yang terpenting , janganlah mudah mengeluh. Nikmati proses yang ada dan rasakan bagaimana sensasi menjadi seorang ibu. Oh ya , jangan lupa juga untuk rajin berkonsultasi pada dokter kehamilan setempat ya!

2 komentar: