Kamis, 03 Agustus 2017

6 Pantangan Makanan Setelah Melahirkan dan Alasannya

pantangan makanan setelah melahirkan dan dampaknya lengkap ibarat yang dikutip dari situs Pregnancy.com. Silakan disimak!

Pantangan Makanan setelah Melahirkan

1. Makanan Pedas

Jenis makanan yang dipantang setelah melahirkan yang pertama ialah makanan-makanan pedas. Sambal , cabai , merica , dan sejenisnya , bila dikonsumsi setelah hamil mampu menimbulkan bayi yang disusui terganggu sistem pencernaannya. Jika si ibu makan-makanan pedas , otomatis air susunya juga akan berasa pedas. Jika air susu ini diminum oleh bayi yang gres dilahirkan , maka bayi tersebut kemungkinan akan diare dan mencret.

2. Makanan Berminyak

Pantangan makanan setelah melahirkan selanjutnya ialah makanan berminyak. Minyak atau makanan berlemak bila dikonsumsi ketika setelah bersalin diyakini dapat memperlambat penyembuhan luka , baik luka pada kemaluan si ibu maupun luka pada potongan pusar si bayi. Meski banyak dokter membantah iktikad tersebut , namun pada kenyataannya pantangan makanan satu ini memang terbukti. Anda dianjurkan makan makanan yang diolah tanpa minyak atau diolah dengan sedikit minyak.


3. Makanan Asam

Makanan asam juga dipantang untuk dikonsumsi ibu yang gres saja melahirkan. Alasannya , selain alasannya ialah mampu membuat si bayi yang menyusu menderita perut kembung dan diare , makanan ini juga dapat membuat rahim si ibu yang belum pulih benar menjadi infeksi dan sakit. Perhatikan betul pantangan satu ini bila Anda ingin Anda dan buah hati Anda tetap sehat.

4. Telur dan Ikan Asin

Telur dan ikan asin juga merupakan salah satu pantangan makanan setelah melahirkan yang wajib dihindari. Meski nilai gizinya dapat memulihkan kondisi fisik badan yang lelah , namun proteinnya yang tinggi mampu membuat luka tanggapan persalinan terasa gatal dan menjadi lama sembuhnya. Bukan hanya untuk si ibu , si bayi yang mengkonsumsi air susu ibunya juga akan mengalami hal serupa. Luka di pusarnya akan terus berair dan tidak lekas kering.

5. Ikan Berpatil

Bagi sebagian besar masyarakat Jawa , ikan-ikan yang memiliki patil atau alat sengat juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang gres saja melahirkan. Makanan jenis ini dipercaya dapat membuat si ibu hamil mengalami sakit ibarat ditusuk-tusuk duri dalam rahimnya. Anda boleh mempercayai mitos ini , tapi boleh juga tidak. Tapi yang terperinci , beberapa kejadian memang pernah menunjukan hal ini.

6. Kopi

Jika tidak ingin bayi Anda terus menangis alasannya ialah gelisah , batasilah konsumsi kafein Anda. Kafein dalam kopi memang mampu meningkatkan semangat dan konsentrasi Anda , namun bila ia mengalir dan diminum bayi Anda , si bayi mungkin akan terus gelisah dan mudah lelah

Nah , sementara itulah beberapa pantangan makanan setelah melahirkan yang dapat kami sampaikan. Daftar makanan pantangan ini bergotong-royong belum final. Kami akan memperbaruinya terus biar informasinya mampu lebih lengkap bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar