Kamis, 03 Agustus 2017

5 Latihan Khusus dalam Persiapan Fisik Menjelang Persalinan

Pada usia kehamilan tua , banyak hal yang harus dipersiapkan para ibu hamil untuk persalinan yang mudah dan lancar. Selain melaksanakan persiapan daerah bersalin , persiapan pendanaan , perlengkapan , dan mental , para ibu juga wajib menyiapkan fisiknya semoga berpengaruh menghadapi proses melahirkan yang banyak menguras tenaga. Adapun salah satu persiapan fisik menjelang persalinan yang banyak disarankan para dokter untuk dilakukan para ibu hamil misalnya ialah senam hamil. Senam hamil memang banyak membantu dalam memudahkan ibu hamil menjalani proses persalinan.  Namun , tahukah Anda kalau selain dengan melaksanakan acara tersebut , beberapa hebat juga menganjurkan pada ibu untuk melaksanakan beberapa latihan khusus yang lebih spesifik untuk menyiapkan fisiknya.

Persiapan Fisik Menjelang Persalinan

Seperti dikutip dari situs Babycenter.com , untuk menyiapkan tubuhnya dalam menghadapi proses persalinan , ibu hamil disarankan dapat melaksanakan beberapa latihan khusus yang menunjang bagian-bagian tubuhnya semoga mudah melaksanakan penetrasi. Beberapa latihan khusus dalam persiapan fisik menjelang persalinan ini antara lain latihan pernafasan , latihan berjongkok , latihan kegel , latihan panggul , dan latihan penjahit duduk.

1. Latihan Pernafasan

Nafas yang panjang dan teratur ialah modal besar yang sangat menunjang akomodasi persalinan normal. Untuk itu , kalau Anda ingin persalinan Anda berjalan dengan mudah , Anda wajib menyiapkan dan melatih nafas Anda , terutama di masa kehamilan tua. Untuk melaksanakan latihan pernafasan , ada beberapa gerakan yang mampu Anda pilih. Anda mampu memilih posisi bangkit dengan kaki direnggangkan , mengangkat tangan perlahan sembari menarik nafas , tahan sejenak , dan turunkan tangan sembari melepaskan nafas. Lakukan latihan persiapan fisik menjelang persalinan satu ini minimal sebanyak 20 kali gerakan setiap harinya semoga nafas Anda panjang dan siap menjalani persalinan.

Persiapan Fisik Menjelang Persalinan

2. Latihan Berjongkok

Latihan berjongkok merupakan latihan persiapan fisik menjelang persalinan yang bertujuan untuk menguatkan otot panggul dan paha , melenturkan otot kemaluan , dan membuat posisi bayi sempurna berada di jalur jalan lahir. Latihan ini sangat mudah dilakukan. Anda cukup berjongkok sembari menggerakan dengkul dan paha Anda membuka dan menutup selama 10 menit setiap hari. Latihan ini mampu dilakukan ketika Anda tengah bersantai di pagi hari.

3. Latihan Kegel

Latihan kegel sudah banyak dilakukan di kelas-kelas senam hamil di seluruh dunia. Latihan ini memiliki berbagai manfaat bagi fisik ibu hamil dalam proses persalinan. Latihan yang bertujuan untuk melatih otot yang membantu proses persalinan , menghindari wasir dan pembekuan darah dalam kehamilan , mencegah robekan perineum yang besar , serta meningkatkan kapasitas kontrol kandung kemih ibu dalam proses persalinan ini dapat dilakukan menarik otot area kewanitaan serta dubur , menahannya beberapa detik , lalu melepaskannya dalam posisi duduk. Ulangi sampai 20 kali sehari untuk hasil yang maksimal.


4. Latihan Panggul

Sama ibarat latihan kegel , latihan panggul juga bertujuan untuk menguatkan otot panggul semoga siap menjalani persalinan. Namun , lebih spesifik lagi latihan ini juga mampu sangat membantu mengatasi nyeri punggung yang sering dialami oleh ibu hamil bau tanah seta membantu melancarkan pedoman darah pada jaringan di sekitar panggul. Latihan panggul ialah latihan fisik dalam persiapan fisik menjelang persalinan yang dilakukan dalam posisi ibarat merangkak dengan referensi siku dan dengkul. Tarik otot dubur , tahan beberapa detik , dan lepaskan. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali setiap latihan.

Persiapan Fisik Menjelang Persalinan

5. Latihan Penjahit Duduk

Latihan penjahit duduk sangat membantu dalam membuat badan Anda semakin siap menjalani persalinan normal. Latihan ini dapat menjaga kelenturan kaki supaya tetap nyaman ketika melaksanakan persalinan. Cukup duduk bersila dan gerakan lutut Anda naik turun selama beberapa menit setiap hari.

Nah , demikianlah beberapa latihan yang cukup membantu dalam persiapan fisik menjelang persalinan. Lakukan latihan ini terutama ketika kehamilan telah memasuki usia 30 ahad kalau ingin persalinan Anda lancar tanpa hambatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar