Sabtu, 12 Agustus 2017

Cara Mencukur Rambut Bayi Sendiri dengan Aman

Di dalam Islam , hukum mencukur rambut bayi yakni sunnah , sedangkan dari sisi medis , mencukur rambut bayi gres lahir mampu membuat kepala si bayi bersih dan bebas penyakit. Adapun dalam etika beberapa suku di Indonesia , mencukur rambut bayi umumnya dilakukan dikala bayi berumur 7 atau 9 hari atau paling lambat usia 1 bulan setelah dilahirkan. Dalam hal ini cara mencukur rambut bayi pun tidak mampu sembarangan. Biasanya ritual pembacaan ayat suci Al-Quran dan shalawat nabi mengiringi prosesi pencukuran rambut yang dilakukan oleh beberapa orang sesepuh dan pemuka.

Cara Mencukur Rambut Bayi

Meski melalui prosesi atau ritual pencukuran rambut , sang bayi biasanya akan dicukur ulang sampai gundul oleh orang tuanya. Hal ini mengingat bahwa dalam prosesi tersebut , umumnya pencukuran tidak dilakukan dengan benar alasannya yakni hanya digunakan sebagai syarat ritual saja , sehingga masih banyak rambut yang tersisa dan belum benar-benar bersih.

Dalam pencukuran ulang ini , sebagian orang renta sering kali merasa takut dan khawatir untuk melakukannya sendiri , alasannya yakni riskan pada keadaan kulit kepala bayinya yang masih rentan terluka oleh pisau cukur. Padahal kalau mereka mengetahui cara mencukur rambut bayi yang benar , mereka harusnya tidak perlu merasa khawatir.

Cara Mencukur Rambut Bayi Sendiri dengan Aman

Lalu Bagaimana Cara Mencukur Rambut Bayi Yang Benar?

Untuk mengetahui bagaimana cara mencukur rambut bayi yang benar , berikut ini yakni tahapan yang harus dilalui.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Nah , untuk memulai mencukur rambut bayi , pertama yang harus disiapkan tentu yakni alat dan bahannya. Adapun alat dan materi tersebut antara lain bedak bayi , air hangat , gunting rambut , kapas kecantikan , tissue , cairan antiseptik atau alkohol , handuk , dan pisau cukur yang gres dan steril.

Terkait dengan pisau cukur , saya menyarankan Anda untuk menggunakan pisau cukur merk Gillete. Pisau cukur yang berharga Rp. 4000 ,- per buah ini memiliki desain yang aman sehingga tidak akan membuat luka sedikitpun dikala digunakan mencukur rambut bayi.

2. Persiapan Sebelum Mencukur

Setelah semua alat dan bahan  disiapkan , tahap selanjutnya yang dilakukan dalam cara mencukur rambut bayi yakni melaksanakan persiapan sebelum mencukur. Persiapan ini penting dilakukan selain untuk menjaga kesterilan selama proses mencukur , juga dapat meminimalkan risiko terburuk yang mungkin terjadi selama dan setelah mencukur rambut bayi Anda. Adapun yang perlu dilakukan dalam persiapan ini antara lain:
  • Cuci tangan Anda sebelum mencukur dan pastikan alat dan materi yang digunakan ada dalam keadaan steril.
  • Sebelum mencukur , pastikan kondisi Anda ada dalam keadaan damai dan tidak takut atau ragu-ragu. Jika mungkin Anda masih terus ada dalam kebimbangan , sebaiknya mintalah perawat atau orang yang sudah terbiasa mencukur bayi untuk melakukannya.
  • Kondisikan bayi ada dalam keadaan tenang. Keadaan tersebut mampu didapat dikala ia tengah tertidur pulas. Ketenangan juga mampu diperoleh dengan menyediakan suhu ruangan yang nyaman dan tidak membuat bayi Anda merasa gerah.
  • Jika mencukur dilakukan dikala bayi sedang tidak tidur , mintalah seseorang untuk mengajaknya bermain biar perhatian dan rasa sakit yang mungkin ditimbulkan dari proses mencukur dapat teralihkan.

3. Cara Mencukur Rambut Bayi

Setelah semuanya dirasa siap , proses mencukur rambut bayi pun mampu eksklusif dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  • Jika rambut bayi Anda sangat lebat , potonglah rambut tersebut sependek mungkin menggunakan gunting kecil untuk memudahkan pencukuran.
  • Mulailah mencukur secara perlahan-lahan dari atas ke bawah (searah jatuhnya rambut).
  • Bersihkan pisau cukur dari potongan rambut si kecil menggunakan tissue kering dikala pisau sudah terasa penuh. Kemudian lanjutkan pencukuran.
  • Selama proses pencukuran ini , saya tidak menyarankan Anda untuk membasahi rambut si bayi. Berdasarkan pengalaman saya , hal ini justru akan semakin menyulitkan proses mencukur alasannya yakni rambut si bayi yang masih lembut dan halus jadi lengket di kulit kepala. Cukup taburkan saja bedak bayi di kepalanya kalau Anda khawatir proses mencukur akan melukai si bayi.
  • Setelah semua rambut dicukur , tahapan terakhir dalam cara mencukur rambut bayi yang benar yakni melaksanakan proses mencukur dari bawah ke atas (berlawanan dengan arah jatuhnya rambut). Tahapan ini dilakukan untuk merapikan sisa-sisa rambut yang mungkin masih tertinggal.
  • Setelah selesai , basuhlah kepala bayi Anda dengan air hangat untuk membersihkannya dari rambut-rambut yang sudah terpotong.
  • Terakhir , keringkan kepala bayi dengan handuk lembut dan taburkan bedak bayi ke kepalanya yang kini sudah botak.

Nah , itulah tahapan yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam cara mencukur rambut bayi yang benar. Semoga mampu bermanfaat bagi Anda semuanya. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar