Rabu, 16 Agustus 2017

Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPPs) dalam Kehamilan

Ruam dapat didefinisikan sebagai salah satu reaksi dari terjadinya peradangan (inflamasi) di kulit Anda. Peradangan ini menyebabkan terjadinya perubahan tampilan warna , tekstur , pembengkakan , dan rasa gatal yang luar biasa di kulit para penderitanya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya ruam , mulai dari gigitan serangga , alergi , infeksi , obat-obatan , serta gangguan dari jaringan ikat di kulit. Namun , dari banyaknya jenis ruam , pada ibu hamil ada satu ruam yang paling umum terjadi dan harus mendapat perhatian lebih. Ruam tersebut yaitu Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy atau sering di singkat PUPPP. Mengapa ruam jenis ruam satu ini perlu mendapat perhatian lebih? Bagaimana jikalau ruam PUPP terjadi selama kehamilan Anda? Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Simak info lengkap mengenai hal tersebut di artikel ini.

Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPPs) dalam Kehamilan

Ruam PUPPPs pada

Ruam PUPPP pada ibu hamil umum terjadi pada sekitar usia kehamilan 35 minggu. Sebagian besar mereka yang terserang yaitu para wanita yang gres pertama kali mengalami kehamilan. Sama menyerupai ruam jenis lainnya , PUPPP juga menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan. Menurut statistik , PUPPPs terjadi di pada 1 dari setiap 200 kehamilan pertama para wanita.

Menurut sebagian besar wanita yang pernah mengalaminya , gatal alasannya yaitu ruam PUPPPs membuat mereka merasa sangat tidak nyaman. Ruam PUPPPs muncul dalam bentuk papula bergelombang disertai rasa gatal yang secara perlahan merubah kulit mereka menjadi merah persis menyerupai warna kulit yang tersiram air panas.

Hingga kini , penyebab ruam PUPPP masih belum mampu diketahui. Kendati demikan , mereka yang mengalami problem ini biasanya yaitu mereka yang gres hamil pertama kali , hamil anak laki-laki , hamil kembar , serta mereka yang hamil dengan problem hipertensi. Nah , meskipun gotong royong PUPPPs mampu sembuh dan hilang dengan sendirinya setelah satu atau dua ahad melahirkan , jikalau Anda mengalaminya , segeralah hubungi dokter kehamilan setempat untuk menerima penanganan sesegera mungkin supaya kehamilan Anda tidak terganggu alasannya yaitu rasa gatal.

Dokter umumnya akan segera menawarkan salep dan pelembab topikal jikalau ruam yang Anda derita masih tergolong ringan , dan akan menawarkan salep kortikosteroid untuk kondisi PUPPP yang sangat serius. Untuk menghilangkan rasa gatal , tablet antihistamin biasanya diresepkan olehnya untuk kedua kondisi tingkat ruam tersebut.

Selain dengan obat dokter , Anda juga mampu mengatasi PUPPPs dengan pengobatan menggunakan bahan-bahan alami atau melaksanakan tips-tips berikut ini:
  1. Menggunakan lulur oatmeal sebagai lulur untuk mandi air hangat.
  2. Menggunakan lotion atau pelembab sehabis mandi
  3. Menghindari terik matahari
  4. Mengenakan baju ibu hamil berbahan katu yang longgar dan halus
  5. Hindari mandi air hangat
  6. Gunakan kompres es kerikil ketika gatal menyerang
  7. Gunakan bedak Caladine untuk meminimalkan rasa gatal [Pengalaman seorang sahabat , cara ini terbukti sangat ampuh].

Nah , itulah info seputar ruam PUPPPs pada ibu hamil. Semoga info ini mampu bermanfaat bagi Anda , dan Anda mampu mengambil penanganan dini terhadap problem kulit satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar