Jumat, 04 Agustus 2017

4 Gerakan Senam Muda untuk Hindari Keguguran

Senam ibu hamil muda bisa dilakukan kapan saja , baik disela-sela kegiatan maupun ketika waktu luang.

Senam  Muda

Gerakan Senam Muda

Banyak bidan atau dokter kehamilan sesungguhnya lebih menyarankan senam bagi ibu hamil dilakukan pada masa kehamilan tua. Alasannya pada usia kehamilan tersebut , senam akan sangat membantu dalam proses persalinan normal. Namun , tak sedikit pula pakar kesehatan yang menganjurkan ibu hamil muda untuk melaksanakan senam hamil di sela aktivitasnya. Senam bagi ibu hamil muda dianggap penting untuk menjaga kebugaran badan , mengingat risiko keguguran pada usia kehamilan tersebut cenderung lebih tinggi.

Menurut Bidan Niniek Soetini , Ahli Fisioteraphi Siloam Hospital Surabaya , senam untuk ibu hamil muda sebaiknya lebih difokuskan pada latihan pernafasan dan latihan otot punggung. Latihan pernafasan dimaksudkan untuk melatih badan ibu hamil biar bisa bernafas secara optimal mengingat pada usia tersebut mereka membutuhkan oksigen 20% lebih banyak dibanding sebelum hamil , sedangkan latihan otot punggung dimaksudkan untuk mempersiapkan badan ibu hamil biar siap menopang beban berat di perutnya yang akan terus naik seiring bertambahnya usia kehamilan.

Adapun untuk fokus pada latihan pernapasan dan latihan otot punggung , senam ibu hamil muda harus dilakukan dengan gerakan-gerakan khusus menyerupai push up , mengangkat kaki , squat , dan step up. Berikut penjelasan dari masing-masing gerakan tersebut.

1. Gerakan Push Up

Gerakan senam yang pertama ialah gerakan push up. Namun , perlu diingat , gerakan push up dalam senam ini tidak sama dengan push up yang biasanya Anda kenal. Gerakan push up dalam senam ibu hamil muda dilakukan dengan  menggunakan pertolongan dinding. Caranya , berdirilah searah dinding , kemudian sandarkan badan Anda , kemudian buka kaki dengan memisahkan lutut sehingga badan Anda naik turun. Lakukan sebanyak 15 kali disertai tarikan nafas seirama dengan gerakan kaki.

2. Gerakan Mengangkat Kaki

Gerakan senam hamil selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah gerak mengangkat kaki. Gerakan ini dapat membantu menguatkan punggung sehingga Anda semakin siap menopang berat badan yang semakin besar seiring bertambahnya usia kehamilan nanti.

Gerakan senam ibu hamil muda ini dapat dilakukan dengan memposisikan badan menyerupai hendak kuda-kudaan (berat badan ditopang oleh tangan dan lutut) , kemudian angkat kaki satu persatu dengan meluruskannya ke belakang sejajar punggung secara bergantian. Ulangi sampai minimal 10 kali ketika hari masih pagi.

3. Gerakan Squat

Senam  Muda
Gerakan squat ialah gerakan senam yang dilakukan untuk melatih kemampuan bernafas sekaligus memperbesar panggul Anda. Untuk melakukannya berdirilah tegak dengan posisi kaki sejajar pundak , julurkan tangan Anda sejajar ubin , kemudian tekuk lutut Anda sampai sudut 90 derajat. Naik kembali , dan lakukan berulang-ulang sembari mengatur nafas Anda biar tidak terengah-engah. [Baca : Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang]

4. Gerakan Step Up

Gerakan terakhir ialah gerakan step up. Gerakan senam ibu hamil muda yang satu ini dilakukan dengan pertolongan tangga sebagai pijakan. Caranya cukup mudah , langkahkan kaki kanan ke tangga depan , angkat badan , langkahkan kaki kiri ke tangga depan , angkat badan , begitu seterusnya minimal sampai 10 kali.

Nah , itulah beberapa gerakan senam ibu hamil muda yang dapat dilakukan untuk melatih badan Anda biar siap menghadapi masa-masa kehamilan yang masih panjang. Perlu diingat , dalam melaksanakan gerakan diatas , janganlah mengambil jadwal yang terlalu berlebihan. Jaga keamanan dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar