Sabtu, 05 Agustus 2017

Kepanasan dan Gerah ketika Hamil Tua? Ini 6 Tips Mudah Mengatasinya

Kepanasan dan gerah yaitu satu kondisi yang pasti akan dialami oleh para ibu hamil yang telah mencapai usia kehamilan tua. Kepanasan dan gerah terjadi selain karena adanya perubahan hormonal dalam badan , juga karena disebabkan oleh meningkatnya anutan darah dalam kulit sehingga suhu badan ibu menjadi tinggi. Untuk mengatasi keluhan ini , ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Apa saja tips untuk mengatasi rasa kepanasan dan gerah dikala hamil tua? Berikut kami telah paparkan informasinya untuk Anda!

Kepanasan dan Gerah Saat Hamil Tua

Seperti dikutip dari situs Babycenter.com , untuk mengatasi kepanasan dan gerah dikala hamil tua , sedikitnya ada 6 tips yang dapat Anda lakukan. Keenam tips tersebut antara lain menggunakan pakaian yang longgar , mencukupi kebutuhan badan akan air , berolahraga teratur , mandi air hangat , menghindari terik matahari , dan menggunakan bedak bayi.

Kepanasan dan Gerah dikala Hamil Tua
Karena perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil sering terjadi perbedaan antara sebelum hamil dan dikala hamil , menyerupai salah satunya yaitu ibu hamil gerah. Kondisi ibu hamil yang sering mencicipi gerah menyerupai ini karena perubahan hormonal dan meningkatnya anutan darah ke kulit yang membuat ibu hamil kegerahan atau kepanasan.

1. Tips Berpakaian

Untuk mengatasi rasa gerah dikala hamil tua , Anda disarankan selalu mengenakan pakaian atau baju khusus ibu hamil yang longgar dan ringan. Pakaian semacam ini akan membuat badan bebas dari hawa panas. Pakaian yang dipilih sebaiknya yaitu pakaian berbahan katun. Katun mudah menyerap keringat dan dapat menyerap panas dari kulit Anda.

2. Minum Air Putih dan Air Kelapa Muda

Tubuh yang gerah dan terasa panas perlu didinginkan dengan cara banyak minum air putih. Disarankan pula bagi Anda untuk memperbanyak minum air kelapa karena selain bisa membantu menyegarkan badan yang gerah , juga dapat membuat bayi Anda berkulit putih dan berambut lebat.

Minum banyak air putih juga bisa menghindarkan Anda dari rasa lemas , dehidrasi , kaki infeksi dikala hamil , dan keluhan-keluhan lainnya.

3. Olahraga Teratur

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gerah dikala hamil tua yaitu dengan berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat membuat beban panas di badan keluar bersama derasnya keringat yang mengalir. Yang terpenting , pilihlah olahraga yang aman untuk ibu hamil menyerupai pilates , yoga , senam hamil , berenang , atau jalan kaki.

Gerah dikala Hamil Tua

4. Hindari Terik

Gerah dikala hamil tua juga dapat dihindari dengan mengurangi acara di luar rumah terutama dikala siang hari. Sinar matahari pribadi akan membuat kulit dan badan episode luar semakin terasa panas dan memicu timbulnya gerah.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat pula menjadi salah satu alternatif cara mengatasi kepanasan dan gerah dikala hamil tua. Mandi air hangat cukup efektif terutama bila dilakukan dikala malam hari. Terkait dengan mitos bolehkah ibu hamil mandi air hangat , Anda tak perlu risau karena hal ini aman dilakukan , baik dikala hamil bau tanah maupun dikala hamil tua.

Gerah dikala Hamil Tua

6. Bedak Tabur

Jika kelima cara mengatasi gerah dikala hamil tua di atas sudah dilakukan namun kesudahannya Anda masih tetap merasa kepanasan , hal terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan menaburkan bedak bayi pada bagian-bagian badan yang terasa gerah (biasanya leher , ketiak , perut , dan payudara). Bedak membantu menyerap keringat dan menjaga kelembaban kulit. Pilih bedak bayi karena jenis bedak ini yaitu jenis bedak yang paling efektif untuk mengatasi rasa gerah.

Nah , itulah beberapa tips untuk mengatasi kepanasan dan rasa gerah dikala hamil. Selamat mencoba dan agar berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar