Minggu, 13 Agustus 2017

Varises pada 9 Bulan

Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada sekitar badan , dengan bab kaki yakni bab yang paling sering mengalaminya. Pada mereka yang biasa bekerja berat , varises umumnya sangat sering menyerang. Namun , bagi varises pada ibu hamil beserta tips-tips untuk mencegah dan mengobatinya.

Varises pada 9 Bulan

Pada ibu hamil , varises umumnya muncul di area kaki sekitar belakang lutut dan di area kewanitaan. Varises pada ibu hamil dapat terjadi alasannya yakni pengaruh hormon progesteron. Selain itu , pertumbuhan janin yang terus membesar sampai usia 9 bulan yang menawarkan beban berat dan tekanan pada pembuluh darah di panggul juga menjadi faktor penting bagi munculnya varises pada ibu hamil.

Meski varises tidak mengganggu tumbuh kembang janin , ia tentu membuat kulit kaki menjadi tak rupawan lagi , selain itu kalau ia timbul di area kewanitaan , persalinan normal juga akan menjadi lebih sulit dilalui. Untuk itu , tindakan-tindakan pencegahan dan pengobatan varises pada ibu hamil harus dilakukan semoga dampak varises tidak terus meluas. Berikut ini beberapa tips yang mungkin mampu Anda coba!

varises pada ibu hamil

1. Konsumsi Makanan Sehat

Para jago kedokteran dari Harvard University menemukan fakta bahwa buah berry menyerupai blueberry , blackberry , dan cherry ternyata mampu digunakan untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh varises. Jenis buah berry diketahui mengandung semacam pigmen yang mampu memperkuat dinding pembuluh darah.

Mengkonsumsi vitamin E , selain dapat mencegah stretchmark , juga dapat bermanfaat untuk meminimalkan risiko varises pada ibu hamil. Sedangkan mitos orang bau tanah zaman dulu menyebut bahwa mengkonsumsi bawang putih ketika kehamilan trimester 3 juga terbukti berhasil dalam menghambat problem ini.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meminum kopi , teh , dan minuman bersoda mampu membuat varises terasa lebih menyakitkan. Untuk itu , memperbanyak minum air putih yakni satu-satunya pilihan terbaik yang mampu dilakukan untuk mencegah dan meringankan varises di badan Anda. Minumlah minimal sebanyak 8 gelas perhari untuk kaki yang bebas varises selama usia kehamilan 9 bulan.

3. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur selain akan dapat meminimalkan penumpukan lemak , juga mampu menjaga sirkulasi pembuluh darah Anda tetap baik selama kehamilan trimester 3. Untuk itu , melaksanakan olahraga ringan yang aman untuk kondisi perut Anda yang besar menyerupai berenang , berjalan jalan ringan , senam hamil , atau yoga mungkin mampu dilakukan di sela-sela istirahat Anda.

varises pada ibu hamil

4. Jangan Pakai Sepatu Hak Tinggi

Memasuki usia kehamilan trimester 2 atau ketika ukuran perut sudah tampak mulai membesar , ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu hak tinggi. Selain mampu menjadikan pegal-pegal dan terjatuh , penggunaan sepatu dengan hak yang tingginya lebih dari 5 cm mampu memicu timbulnya varises pada ibu hamil.

5. Jangan Pijat Varises

Memijat varises yang sudah muncul tidak akan membuat ia hilang. Justru keadaan akan semakin parah dan varises kian membesar. Untuk meminimalkan pembengkakan , merendam varises dengan air hirau taacuh yang dicampur cuka apel mampu menjadi solusi yang baik.

Nah , itulah beberapa tips wacana mencegah dan mengobati varises pada ibu hamil 9 bulan. Semoga dengan menjalankan tips ini , varises tak lagi muncul di badan Anda selepas persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar