Rabu, 16 Agustus 2017

USG Kehamilan : Manfaat dan Kapan Harus Dilakukan?

USG yaitu tes medis yang dilakukan untuk mengetahui keadaan atau menerima gambaran bayi yang tengah hidup , tumbuh , dan berkembang di dalam perut. Di masa modern menyerupai sekarang ini , USG sangat umum digunakan selama kehamilan. USG bisa memperlihatkan beberapa info menyerupai posisi janin dalam plasenta , jenis kelamin bayi , kesehatan dan perkembangan janin , serta tanggal perkiraan persalinan , jenis kelamin bayi , dan posisi plasenta. Banyak dokter menganjurkan tes USG sebagai upaya pencegahan banyak sekali duduk perkara kehamilan dan persalinan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Berikut ini , ibu-hamil.web.id akan memaparkan hal-hal terkait USG kehamilan dan cara membaca hasil USG kehamilan. Silakan disimak!

USG Kehamilan

Hingga kini , masih banyak yang menganggap jikalau USG kehamilan memiliki risiko negatif terhadap pertumbuhan janin. Radiasi dari gelombang bunyi yang dipantulkan alat USG yaitu satu hal yang paling dikhawatirkan terkait duduk perkara ini. Namun , sejatinya Anda tak perlu risau. Isu yang menyebut bahwa USG kehamilan berbahaya yaitu hal yang tidak benar. USG kehamilan yaitu aman. Penelitian telah mengungkapkan bahwa tes ini tidak berbahaya dan tidak menjadikan efek samping yang berbahaya.

USG Kehamilan

USG kehamilan penting dilakukan untuk memastikan banyak sekali aspek kesehatan kehamilan Anda. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari dilakukannya USG kehamilan tersebut antara lain:
  1. USG membantu mengidentifikasi posisi bayi sungsang atau tidaknya janin selama kehamilan.
  2. Mendiagnosis kehamilan ektopik (tuba) dan hamil anggur
  3. Mengetahui perkiraan tanggal persalinan si bayi.
  4. Membantu mengevaluasi ukuran bayi Anda , termasuk perkembangan dan pertumbuhannya.
  5. Mengetahui banyak sekali kelainan kelahiran yang mungkin terjadi menyerupai kehilangan cairan , perdarahan , dan banyak sekali komplikasi lainnya.
  6. Membantu dalam menentukan metode melahirkan yang sempurna berdasarkan posisi janin di dalam kandungan.

USG kehamilan yaitu anugerah luar biasa dari ilmu kedokteran. Jangan menyia-nyiakan anugerah ini. Dapatkan gambar janin selagi ia masih di dalam kandungan dan baca hasil potretnya. Jika tidak tahu bagaimana cara membaca hasil USG kehamilan , Anda bisa berkunjung ke sini.

Usia Kehamilan Deskripsi
Trimester Pertama USG scan awal Anda biasanya dilakukan pada usia 6 hingga 8 ahad kehamilan. USG kehamilan ini dilakukan untuk memperkirakan tanggal pertama kali Anda hamil dan tanggal kapan Anda akan melaksanakan persalinan. Tes ini akan memperlihatkan sekilas pertama bayi. USG ini dilakukan dengan mengalirkan gelombang bunyi dengan frekuensi tinggi ke bab kandung kemih dan Anda bisa pribadi mengetahui kondisi janin Anda yang pastinya masih berukuran kecil.
Trimester Kedua USG pada trimester kedua juga dikenal dengan istilah scan anatomi. Dilakukan selama sekitar 20 hingga 45 menit , USG ini umumnya dilakukan pada bulan ke-5 kehamilan. USG ini dilakukan untuk memeriksa perkembangan dan status kesehatan bayi , serta mengetahui jenis kelami bayi Anda.
Trimester Ketiga USG pada trimester ketiga atau scan anatomi final umumnya dilakukan sekitar usia ke-20 ahad kehamilan. USG ini biasanya dilakukan pada keadaan khusus atau adanya faktor risiko yang penting untuk diketahui , misalnya kehamilan terjadi dikala Anda berusia lebih dari 35 tahun , atau kehamilan Anda telah melampaui tanggal perkiraan persalinan.

Nah , itulah sekilas wacana USG kehamilan. Berikut ini sedikit ulasan yang dapat Anda baca untuk mengetahui bagaimana cara membaca hasil juga USG kehamilan. Silakan disimak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar