Jumat, 04 Agustus 2017

8 Keluhan Kehamilan Trimester Pertama dan Cara Mengatasinya

Tahukah Anda jikalau selama kehamilan , Anda mungkin akan mengalami banyak sekali keluhan? Ya , keluhan pada ibu hamil ada banyak sekali ragamnya , datang dan pergi silih berganti , mulai dari usia awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Berbagai jenis keluhan pada ibu hamil tersebut timbul juga karena alasannya ialah yang beragam. Ada yang disebabkan perubahan hormon , pertumbuhan janin , ada pula yang disebabkan oleh perubahan metabolisme. Berikut ini , kontributor keluhan kehamilan trimester pertama disertai penyebab dan sekilas wacana cara mengatasinya. Silakan disimak!

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan tahun 2014 , sedikitnya ada 8 jenis keluhan kehamilan trimester pertama yang akan dialami oleh para ibu hamil muda di awal masa kehamilannya. Kedelapan jenis keluhan tersebut dibagi menjadi 2 golongan , yaitu golongan keluhan yang aman dan golongan keluhan yang membahayakan.

Golongan keluhan yang aman umumnya merupakan jenis keluhan yang dialami oleh semua ibu hamil dan bukan merupakan tanda ancaman kehamilan , ibarat mual dan muntah , nyeri punggung , kram , sering buang air kecil , susah buang air besar , dan bad mood. Sedangkan golongan keluhan yang membahayakan ialah jenis keluhan yang tidak dialami oleh semua ibu hamil , misalnya ibarat pendarahan dan demam berat.

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

1. Mual dan Muntah

Sembilan dari 10 ibu hamil akan mengalami gejala morning sickness alias mual dan muntah di pagi hari. Keluhan ini muncul karena pengaruh peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin dan estrogen yang menyebabkan sensitivitas hidung dan perut menjadi sangat kuat.

Meski keluhan kehamilan trimester pertama yang satu ini dikatakan umum , namun bukan berarti Anda harus berpasrah diri dan membiarkannya berlarut-larut. Mual dan muntah jikalau dibiarkan akan membuat ibu mengalami dehidrasi , oleh karena itu ia harus diatasi misalnya dengan banyak minum air putih , mengkonsumsi cracker ketika berdiri tidur , makan buah pisang dan alpukat , menghindari makanan berlemak , dan menghindari benda-benda yang beraroma kuat. Untuk lebih jelasnya mengenai keluhan ini , Anda dapat membaca informasi lengkapnya di artikel ini.

2. Sering Buang Air Kecil

Selama trimester pertama , 7 dari 10 ibu hamil juga akan mengalami keluhan sering buang air kecil. Keluhan ini disebabkan oleh produksi hormon hCG yang tinggi yang menimbulkan pedoman darah ke panggul semakin meningkat. Keluhan ini sukar diatasi. Anda memang harus keluar masuk WC dan ketika malam Anda juga mungkin akan sering mengompol. Oleh karena itu , saran kami pasanglah karpet kedap air di atas kasur Anda semoga tidak lembap meski Anda mengompol.

Perlu diketahui bahwa keluhan ini sebenarnya bukan hanya terjadi di usia kehamilan trimester pertama. Ia mungkin terus akan berlanjut , dan bahkan menjadi lebih parah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.


3. Nyeri Punggung

Keluhan kehamilan trimester pertama yang selanjutnya ialah keluhan nyeri punggung. Keluhan ini sebenarnya belum terlalu signifikan terasa ketika kehamilan Anda masih muda. Intensitasnya akan meningkat seiring usia kehamilan. Namun , meski begitu beberapa ibu hamil juga mengalami keluhan ini dengan sangat besar lengan berkuasa ketika di awal kehamilan. Anda mampu mengatasi keluhan ini dengan relaksasi , mandi air hangat , berenang , beristirahat cukup , dan banyak minum air putih.

4. Sering Lelah dan Perubahan Mood

Perasaan duka dan perubahan mood yang menjadi buruk juga merupakan keluhan kehamilan trimester pertama yang wajib diwaspadai. Pada usia kehamilan muda ini , Anda mungkin akan sering mengalami kesedihan , merasa kecewa , serba salah , malas melaksanakan sesuatu , dan ingin selalu diperhatikan. Mood yang sering berubah ini disebabkan karena peningkatan produksi hormon estrogen yang menghipnotis emosional Anda. Tidak ada tindakan yang dapat mengatasi keluhan ini , kecuali Anda mampu mengatur emosional diri Anda sendiri.

5. Gangguan Pencernaan

Beberapa duduk perkara pencernaan ibarat heartburn , maag , mulas , kembung , perut kencang , sering buang angin , diare , dan konstipasi hampir dialami oleh semua ibu hamil di masa awal kehamilannya. Keluhan ini terjadi jawaban pengaruh hormon progesteron yang merelaksasi otot polos pada sistem pencernaan makanan. Anda tidak mampu mengatasinya selain dengan mengatur contoh dan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

6. Sakit Kepala

Keluhan kehamilan trimester pertama lainnya ialah seringnya gejala sakit kepala muncul secara mendadak. Gejala ini juga dipengaruhi keadaan hormonal badan Anda yang berflutuasi menyesuaikan pertumbuhan dan perkembangan janin. Sakit kepala sebelah atau migran umumnya ialah jenis sakit kepala yang lebih sering dialami. Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat untuk menyembuhkannya. Obat-obat warung atau obat tanpa resep dokter sangat berisiko bagi janin Anda. Sebagai alternatif , Anda mampu menggunakan banyak sekali jenis obat sakit kepala alami yang aman untuk ibu hamil ibarat teh , jahe , daun mint , dan bahan-bahan lainnya yang sudah sempat di bahas pada artikel sebelumnya.

7. Pendarahan

Pendarahan ketika hamil muda merupakan keluhan yang tergolong membahayakan terutama apabila terjadinya disertai oleh rasa nyeri pada perut yang tak tertahankan. Pendarahan ketika hamil muda merupakan tanda ancaman kehamilan yang harus diwaspadai dan harus segera mendapat penanganan medis , mengingat 98% kasus keguguran terjadi pada usia kehamilan ini. Jika Anda mengalami pendarahan dengan gejala tersebut , segeralah hubungi dokter. Jangan tunda waktu untuk resiko yang lebih buruk.

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

8. Demam Tinggi

Di masa kehamilan trimester pertama , demam juga menjadi keluhan yang akan sering Anda alami. Keluhan ini tidak dikategorikan membahayakan bila suhu badan Anda masih dibawah 38 derajat celcius. Namun , jikalau lebih dari ambang batas itu , Anda perlu segera berkonsultasi pada tenaga medis untuk menerima penanganan secepatnya. Demam pada ibu hamil yang yang membuat suhu badan >38 celcius mampu saja diakibatkan oleh adanya benjol patogen tertentu pada janin. Infeksi ini akan menimbulkan duduk perkara pada janin dan mampu menimbulkan keguguran bila penyebarannya tidak segera dicegah.

Nah , itulah beberapa keluhan kehamilan trimester pertama yang akan sring dialami para ibu hamil muda. Perkaya pengetahuan kehamilan Anda dengan membaca setiap artikel di blog ini semoga Anda siap menghadapi banyak sekali keluhan-keluhan yang akan menyapa , datang silih berganti di masa kehamilan Anda. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar