Selasa, 15 Agustus 2017

7 Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda + Alasan

Makanan yaitu salah satu hal yang sangat kuat terhadap kesehatan kehamilan dan tahapan perkembangan janin. Ada beberapa makanan yang bisa membuat janin tumbuh semakin optimal , namun adapula makanan yang bisa mengakibatkan banyak sekali dilema kesehatan. Nah , terkait dengan usia kehamilan trimester awal , berikut ini , gue akan jelaskan beberapa makanan yang dilarang ketika hamil muda beserta alasannya , khusus untuk Anda.

Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda

Pada prinsipnya makanan yang dilarang ketika hamil muda yaitu makanan-makanan yang; tidak higienis , mengandung mikroorganisme jahat , dan mengandung zat berbahaya bagi kesehatan fisiologis ibu hamil. Adapun berikut ini yaitu referensi dari makanan-makanan tersebut:

1. Daging kambing

Daging kambing tergolong makanan yang dilarang ketika hamil muda alasannya umumnya ia masih mengandung kuman toksoplasma. Bakteri ini bisa menyebabkan terjadinya dilema toksoplasmosis alasannya ia bisa hidup dan menembus plasenta. Selain itu , daging kambing juga bisa memicu hipertensi dan jantung berdebar ketika hamil muda. [Baca: Tips Aman Konsumsi Daging Kambing selama Kehamilan]

2. Daging ayam dan telur

Daging ayam dan telur yang tidak diolah secara higienis dan dimasak hanya setengah matang umumnya masih mengandung banyak kuman salmonela. Bakteri ini bisa membuat ibu hamil mengalami diare berkepanjangan. Diare sendiri bagi ibu hamil muda sangat berbahaya alasannya bisa memicu kontraksi di perut dan dehidrasi.

Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda

3. Sea food

Makanan-makanan menyerupai kepiting , ikan-ikan besar , cumi , dan kerang memang sangat kaya protein , Namun , mereka biasanya memilki kandungan merkuri yang tinggi , terutama bila ditangkap dari tempat perairan yang tercemar. Merkuri sendiri yaitu suatu zat yang berbahaya bagi tumbuh kembang otak janin. Itulah alasannya mengapa jenis makanan laut tergolong makanan yang dilarang ketika hamil muda.

4. Kafein dan alkohol

Kafein yang berasal dari kopi dan teh bisa membuat ibu hamil mengalami sulit tidur , menghambat perembesan zat besi , memicu anemia , dan membuat bayi lahir dengan berat tubuh rendah. Begitu juga dengan alkohol yang bisa membuat bayi lahir prematur dan keguguran.

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda menyerupai Sprite , Fanta , dan Coca cola mengandung soda yang secara umum bisa menghambat perembesan kalsium oleh darah. Anda dilarang minum minuman ini selama kehamilan bila tidak inging bayi Anda memiliki tulang yang mudah mengapur.

Makanan Yang Dilarang Saat Hamil Muda

6. Buah nanas , nangka , dan pepaya muda

Ketiga buah di atas tergolong buah yang dilarang ketika hamil muda alasannya kandungan zat di dalamnya bisa memicu dilema pada kehamilan. Nanas mengandung enzim bromelanin , nangka mengandung CO2 , dan pepaya muda mengandung lateks. Bromelanin bisa meningkatkan suhu rahim , CO2 bisa membuat perut kembung , sedangkan lateks bisa memacu terjadinya kontraksi rahim.

7. Keju dan Susu

Keju dan susu hewani yang tidak melalui proses pasteurisasi dalam pengolahannya , sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Makanan ini tergolong makanan yang dilarang ketika hamil muda alasannya biasanya masih mengandung kuman listeria. Sama menyerupai salmonela dan toksoplasma , kuman ini juga tergolong kuman yang bisa menembus plasenta dan menginfeksi janin.pastikan susu atau kuman yang Anda akan konsumsi memiliki label “Telah Di Pasteurisasi” pada kemasannya.

Nah , itulah beberapa makanan yang dilarang ketika hamil muda. Sebetulnya masih banyak makanan lain yang sebaiknya dihindari. Namun , keenam makanan di atas bagi kami yaitu yang paling utama.

Sebagai pungkasan , kami menganjurkan Anda untuk bisa tetap menjaga pola makan Anda dan memastikan makanan yang Anda konsumsi yaitu makanan yang higienis , alasannya bagaimana pun tidak ada makanan kotor yang sehat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar