Sabtu, 05 Agustus 2017

Ingin Mengatasi Sembelit ketika Hamil? Coba 7 Buah Ini!

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang akan sering Anda alami selama menjalani masa kehamilan. Terutama pada usia kehamilan trimester pertama , sembelit akan terjadi alasannya yakni peningkatan jumlah hormon progesteron dalam badan Anda. Sembelit yakni keluhan yang harus segera atasi alasannya yakni bila dibiarkan ia dapat memicu timbulnya wasir. Wasir sendiri merupakan problem bagi persalinan.

Adapun untuk mengatasi sembelit ketika hamil , Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat pencahar alasannya yakni dapat berbahaya bagi janin. Penanganan sembelit ketika hamil lebih disarankan menggunakan bahan-bahan alami melalui konsumsi makanan-makanan berserat tinggi.

Buah untuk Mengatasi Sembelit ketika Hamil

Ada banyak makanan yang memiliki kandungan serat tinggi , namun tahukah Anda tidak semua makanan itu mampu membantu mengatasi sembelit ketika hamil dengan aman. Di antara banyak makanan berserat tinggi itu , berikut ini kami telah buah daftar makanan yang efektif mengatasi sembelit pada ibu hamil yang mampu menjadi pilihan Anda.

Mengatasi Sembelit ketika Hamil

1. Buah Pepaya

Buah pepaya termasuk buah yang sangat efektif untuk mengatasi sembelit ketika hamil. Buah ini memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi. Ia juga mengandung enzim papain yang dapat memperlunak feses dalam usus besar. Cobalah konsumsi buah ini sebagai pencuci ekspresi untuk membantu problem susah buang air besar yang anda alami.

2. Buah Kismis

Selain buah pepaya , buah kismis pun mampu menjadi buah alternatif untuk mengatasi sembelit yang Anda alami selama hamil. Buah kismis mampu menjadi obat pencahar alami alasannya yakni kandungan seratnya yang cukup. Konsumsilah buah ini setiap pagi , namun sebelumnya rendamlah dulu dalam air semoga ia lebih mudah dikunyah.

3. Buah Strawberry

Selain mampu digunakan sebagai obat demam alasannya yakni sifat astringen yang dimilikinya , buah strawberry juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit ketika hamil. Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi sehingga mampu membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan semoga bekerja secara lebih optimal.

4. Buah Timun

Untuk mengatasi sembelit selama kehamilan , mentimun juga mampu menjadi alternatif yang dapat Anda pilih. Mentimun memiliki kandungan kalsium , fosfor , zat besi , dan vitamin C tinggi sehingga cocok digunakan sebagai lalapan dalam meredakan susah BAB yang Anda rasakan.

5. Cincau

Cincau yakni kudapan yang kaya serat tapi rendah kalori. Selain mampu dikonsumsi untuk mengatasi sembelit , cincau juga cukup efektif digunakan sebagai obat panas dalam alami , obat perut kembung , dan obat demam untuk ibu hamil. Kudapan satu ini sangat nikmat dicampurkan ke dalam olahan es buah untuk Anda konsumsi ketika terik matahari.

Mengatasi Sembelit ketika Hamil

6. Temulawak

Selain menggunakan buah-buah di atas , Anda juga dapat mengatasi sembelit ketika hamil menggunakan ramuan khusus yang dibuat dari temulawak.  Rebus 2 jempol temulawak dalam 2 gelas air , biarkan mendidih sampai tinggal setengahnya , dinginkan , lalu minum selagi hangat. Minum sebanyak 3 kali sehari setiap sehabis makan.

7. Jengkol dan Pete

Obat sembelit untuk ibu hamil selanjutnya ini mampu dikatakan cukup ekstrim bagi yang tidak terbiasa. Ya , jengkol dan pete , 2 lalapan yang terbukti mampu mengatasi sembelit ini memang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jadikan ia sahabat lauk ketika makan , tapi tetap perhatikan jumlahnya semoga tidak berlebihan.

Nah , itulah 7 makanan yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit ketika hamil. Dari ketujuh makanan tersebut , pilihlah makanan yang paling Anda sukai. Namun saran gua , pilihlah petai dan jengkol. Keduanya sudah gua buktikan keefektifannya dalam mengatasi sembelit ketika hamil. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar