Minggu, 06 Agustus 2017

Bolehkah Mandi Di Malam Hari? Ini Tips Amannya!

Kegerahan dan kepanasan tak tertahankan memang merupakan salah satu duduk perkara yang akan sering Anda rasakan ketika memasuki usia kehamilan tua. Masalah tersebut sejatinya terjadi alasannya yaitu beberapa faktor penyebab , mulai dari alasannya yaitu peningkatan kecepatan pedoman darah di lapisan kulit yang menstimulasi kelenjar keringat bekerja lebih giat , pengaruh hormon progesteron yang bersifat thermogenik , sampai alasannya yaitu ukuran badan yang kian membesar.

Kegerahan pada ibu hamil sering terjadi di malam hari. Beberapa di antara mereka menyiasati rasa gerah dan panas ini dengan melaksanakan mandi malam menggunakan air dingin. Cara tersebut memang sangat efektif mengusir rasa gerah. Namun apakah ini aman dilakukan? Bolehkah ibu hamil mandi di malam hari? Apa efek negatif yang bisa terjadi jikalau Anda melaksanakan hal ini? Simak uraiannya berikut!

Bolehkah  Mandi Di Malam Hari

Bolehkah Mandi Di Malam Hari

Dr. Ralph Situmorang Sp.OG dari Rumah Sakit Advent , Medan menjelaskan bahwa mandi malam bagi ibu hamil tidak berdampak negatif pada kesehatan kehamilan. Mitos-mitos yang menyebut jikalau mandi malam bisa memicu timbulnya reumatik , asam urat , penuaan dini , masuk angin , sampai gangguan metabolisme dalam badan yaitu hanya sekedar mitos yang tanpa pembuktian ilmiah.

Mandi di malam hari bagi ibu hamil justru dapat menawarkan beberapa manfaat. Selain mengusir rasa gerah , mandi malam juga dapat menjadi salah satu terapi dalam mengatasi duduk perkara hipertensi , otot tegang , susah tidur , dan stres.

1. Mengatasi Hipertensi selama Kehamilan

Mandi malam menggunakan air hangat bisa menjadi salah satu terapi dalam mengatasi hipertensi selama kehamilan. Suhu air yang pas yakni sekitar 37oC ketika membasuh kulit akan bisa menstimulasi otak untuk memerintahkan jantung biar memperlambat kerjanya. Perlambatan kerja jantung secara bertahap akan membuat tekanan darah kian turun sehingga hipertensi Anda perlahan sirna.


2. Mengendurkan Otot yang Tegang

Bolehkah  Mandi Di Malam Hari
Beban berat di adegan perut di tambah kegiatan harian yang padat sering kali membuat otot kaki , tangan dan pinggang menjadi sangat kaku dan tegang. Dalam hal ini , mandi malam hari bagi ibu hamil juga bisa menjadi salah satu terapi mengatasi duduk perkara tersebut. Mandi air hangat bisa mengendurkan otot badan dan membuat Anda menjadi lebih rileks.

3. Mengatasi Susah Tidur

Nah , bagi Anda ibu hamil yang susah tidur di malam hari , cobalah untuk mandi air hangat beberapa waktu. Air hangat yang mengguyur badan akan membuat otot menjadi rileks dan menstimulasi rasa kantuk. Selain dengan menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil , untuk mengatasi susah tidur , cobalah juga cara sederhana ini.

4. Menghilangkan Stress

Mandi air hangat di malam hari juga dapat membantu badan menghentikan kegiatan hormon serotonin yang memicu stress. Jika selama kehamilan Anda mengalami stress , jangan ragu untuk mandi malam jikalau Anda masih belum juga dapat tidur.

Nah , itulah balasan seputar bolehkah ibu hamil mandi di malam hari menggunakan air hangat. Semoga balasan dr. Ralph Situmorang Sp.OG dapat menghilangkan kekhawatiran Anda terhadap mitos mandi malam yang selama ini berkembang. Yang perlu diingat , dikala mandi malam , gunakanlah air hangat dengan suhu yang pas. Jangan gunakan air hambar alasannya yaitu bisa memicu kontraksi diperut Anda akhir perbedaan suhunya dengan suhu badan yang terlalu signifikan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar