Selasa, 15 Agustus 2017

Perkembangan Bayi 5 Bulan - EDISI KHUSUS

Waktu terus berlalu. Bayi yang Anda lahirkan kini telah berusia 5 bulan , sungguh yaitu waktu yang singkat untuk hari-hari menyenangkan alasannya yaitu beliau datang di keluarga kecil Anda. Terkait dengan perkembangan bayi 5 bulan , buah hati Anda ketika ini seharusnya sudah dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang baru. Ia akan terlibat dalam sebuah komunikasi , meraih respon baik dari orang-orang yang dikenalnya , dan tersenyum atau menangis terhadap apa yang beliau rasa dan lihat. Adapun pada kesempatan usia 5 bulan ini lah , Anda sebagai orang bau tanah sebaiknya mulai membangun keterampilan hidupnya , sedini mungkin. Bagaimana caranya? Berikut ini yaitu apa yang terjadi pada perkembangan bayi 5 bulan beserta tips-tips dalam membangun keterampilan komunikasinya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan Bayi 5 Bulan
Dalam perkembangan bayi 5 bulan , tubuh bayi Anda seharusnya memiliki berat rata-rata 7 ,5 kg untuk bayi laki-laki dan 6 ,9 kg untuk bayi perempuan; sedangkan tingg rata-ratanya untuk anak laki-laki yaitu 65 ,9 cm , dan untuk anak perempuan yaitu 64 cm. Selain itu , perkembangan sensoriknya juga semakin mengalami kemajuan. Penglihatannya bisa lebih fokus. Saat melihat benda jauh atau bersahabat , pandangannya bisa lebih tajam. Beberapa warna primer ibarat merah , kuning , biru , pun sudah dapat diidentifikasi dengan sangat baik.

1. Pengembangan Fisik

Selain beberapa progres yang disebutkan di atas , pada perkembangan bayi 5 bulan , Anda juga akan menemukan beberapa hal menarik dari bayi mungil Anda. Ya , pada usia ini , beliau sudah akan dapat menggunakan kedua tangannya untuk bermain , berguru duduk , berguru merangkak , serta memiliki otot leher yang lebih kuat. Untuk lebih jelasnya , simak deskripsi pada tabel berikut ini.
Perkembangan Deskripsi

Belajar duduk
Pada usia lima bulan , bayi Anda mungkin dapat duduk meski tidak didukung oleh penopang. Kendati begitu , beliau hanya duduk dalam waktu yang sangat singkat. Anda bisa membantu bayi Anda untuk berguru duduk dalam waktu yang lebih lama dengan menunjukkan penopang bantal.
Belajar merangkak Kaki bayi usia 5 bulan biasanya sudah menjadi lebih aktif. Pada usia 4 bulan mereka sudah bisa tengkurap sendiri , nah pada usia 5 bulan inilah mereka akan berguru untuk berguling dan merangkak. Pastikan Anda selalu mengawasinya kalau beliau diletakan di atas dipan atau kasur. Jangan hingga beliau jatuh dari ketinggian ketika melatih kemampuan barunya , merangkak.
Menggunakan kedua tangannya Bayi usia 5 bulan juga secara bertahap juga sudah akan memiliki keterampilan psikomotorik lebih. Ia akan bisa memindahkan mainan atau benda dari satu tangan ke tangan lainnya. tangannya juga sudah bisa digunakan untuk bergerak mengacak-ngacak sesuatu yang ada di sampingnya. Anda bisa membantu kemampuan motoriknya dengan memberi mereka mainan lembut untuk pergerakan tangannya yang usil.
Otot lehernya lebih kuat Sejak berusia 4 bulan kemarin , bayi Anda biasanya sudah otot leher yang lebih berpengaruh , sehingga memeluk dan menggendongnya sudah tidak riskan lagi

2. Keterampilan Sosial dan Emosional

Seiring pertumbuhan fisiknya , pada usia 5 bulan ini bayi Anda juga akan memiliki progres pada keterampilan sosial dan emosionalnya. Berikut kami telah paparkan apa saja progres dari keterampilan sosial emosional dalam perkembangan bayi 5 bulan tersebut.


a. Menjadi lebih terampil menunjukkan emosinya
Bayi usia 5 bulan Anda akan menjadi lebih terampil dalam menunjukkan emosi ibarat marah , kebosanan , dan kebahagiaan. Namun , kemampuan mereka untuk mengekspresikan humor dan cinta biasanya masih belum berkembang secara sempurna. Ia mungkin menunjukkan keterikatannya pada Anda dengan menangis ketika dipisahkan dari Anda atau dengan mengangkat tangan mereka ketika Anda datang untuk menjemput atau menggendongnya.

b. Kemajuan keterampilan komunikasi
Bayi usia 5 bulan juga sudah berguru mengoceh. Ia biasanya sudah bisa mengatakan satu suku kata , misalnya “ma-ma”. Namun , keterampilan ini belum begitu berkembang secara sempurna. Perlahan tapi pasti , di bulan-bulan berikutnya Anda akan menemukan hal-hal menakjubkan ketika beliau sudah bisa merangkat kata yang diucapkannya pertama kali.

Nah , itulah beberapa progres dari perkembangan bayi 5 bulan. Untuk lebih jelasnya , silakan tonton video yang sudah sengaja kami sematkan di atas paragraf ini. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar