Rabu, 16 Agustus 2017

Perkembangan Bayi 3 Bulan - EDISI KHUSUS

Setelah memasuki perkembangan bayi 3 bulan ini? Simak pemaparannya berikut ini!

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Terkait dengan perkembangan bayi 3 bulan , ada 2 aspek yang perlu Anda ketahui. Kedua aspek tersebut ialah meliputi perkembangan fisik dan perkembangan pancaindra.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

1. Perkembangan Fisik

Dari sisi tinggi dan berat badannya , perlu diketahui bahwa sebelum mencapai usia enam bulan , seorang bayi biasanya akan tumbuh memanjang 1 hingga 2 ,5 cm per bulan dengan penambahan berat ialah 150 hingga 200 gram setiap minggunya. Dengan kenyataan tersebut , bayi Anda yang kini berusia 3 bulan itu biasanya panjangnya sudah  57 hingga 59 cm panjang dengan berat sekitar 5 hingga 6 kg. Kendati begitu , perlu diingat bahwa ini hanya perkiraan saja. Ada bayi yang tumbuh lebih kecil , dan ada pula bayi yang tumbuh lebih besar.

Selain pertumbuhan berat dan tinggi tubuh , dalam perkembangan bayi 3 bulan , Anda juga akan menemukan bahwa si kecil sudah memiliki lebih banyak kekuatan untuk menahan kepalanya mendongak ke arah bawah ketika beliau tengah tertidur. Bayi usia 3 bulan biasanya sudah bisa mengangkat kepala mereka sendiri dan menahannya untuk beberapa menit.

Pada usia 3 bulan , bayi Anda juga telah bisa mengasah keterampilan motoriknya. Ia akan mulai menyadari eksistensi tangan dan jari-jari mereka. Ketika sedang tidak tidur , Anda akan melihat beliau bermain dengan jari-jarinya yang mungil. Menyadari hal itu , pasangkan sarung tangan khusus bayi padanya semoga kuku-kukunya tak melukai kulitnya yang masih lembut.

Mereka bisa menahan kepala mereka hingga stabil ketika duduk dibantu. Ketika mereka mengalami perut waktu , mereka bisa mengangkat seluruh kepala dan dada mereka dalam jenis "push-up". Mendorong banyak waktu perut , dan tahan mainan di depan dan di atas mereka untuk membantu mereka berguru ini.

Pada perkembangan bayi usia 3 bulan , bayi Anda juga sudah akan bisa berguling. Dari posisi terlentang , beliau akan berusaha mencapai posisi tengkurap. Nah , menyadari hal ini , Anda harus berhati-hati. Jangan meletakannya sendirian tanpa pengawasan di atas daerah tidur. Bisa-bisa beliau terguling dan jatuh ke bawah daerah tidur. Ini tentu kondisi yang mencemaskan bukan?

2. Perkembangan Panca Indra

Perkembangan Deskripsi
Penglihatan Saat lahir , mata bayi Anda belum dapat berfungsi secara tepat untuk melihat. Namun , ketika sudah berusia 3 bulan , beliau akan bisa melihat sesuatu pada jarak sekitar 15 inci dari wajah mereka. Akan tetapi penglihatannya masih belum jelas. Ia cenderung dapat melihat objek dengan warna cerah. Warna cerah apapun , olehnya akan terlihat sebagai warna biru.
Pendengaran Tidak ibarat indra penglihatan , indra indera pendengaran sudah dapat berfungsi bahkan ketika bayi Anda masih ada di dalam kandungan. Akan tetapi fungsi pendengarannya kala itu masih belum sempurna. Baru ketika beliau berusia 3 bulan lah , beliau akan bisa menoleh atau menanggapi bunyi Anda dan menjadi terkejut ketika mendengar bunyi dengan nada tinggi atau keras.

Rasa dan Bau
Ada sebuah fakta unik yang tak banyak diketahui orang terkait perkembangan bayi usia 3 bulan. Ya , sebelum lahir , makanan yang ibu sering makan biasanya rasanya akan disukai oleh si bayi pada usia ini. Begitupun dengan bau. Bau tubuh Anda akan membuat beliau lebih nyaman , membuat beliau merasa bahwa Anda ada di dekatnya meskipun Anda sedang pergi ke pasar misalnya.
Lihat video di atas untuk mempelajari lebih lanjut perihal perkembangan bayi 3 bulan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar