Senin, 14 Agustus 2017

Pusing Saat Hamil Muda ? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Pusing ketika hamil muda ialah salah satu problem yang paling sering dikeluhkan mereka , para ibu hamil yang tengah menjalani fase awal kehamilan. Keluhan ini sangat mengganggu acara , sehingga pengobatan dan penangan medis harus segera diperoleh bagi mereka yang menderitanya. Namun , tahukah Anda kalau selama kehamilan , seseorang tak boleh mengkonsumsi sembarang obat.Ya , obat yang tidak diresepkan oleh dokter biasanya dapat mengganggu pertumbuhan dan tahapan perkembangan janin. Nah , menyadari hal itu berikut ini kami akan membahas seputar pusing ketika hamil muda beserta cara menangani dan mengobatinya secara aman.

Pusing ketika Hamil Muda

Pusing ketika hamil muda atau trimester pertama memang merupakan keluhan yang sangat sering terjadi. Biasanya , jenis pusing dengan leher tegang ialah jenis yang paling umum. Selain itu , pusing dengan sakit kepala meremas yang tak tertahankan pada kedua sisi kepala dan leher belakang juga cukup banyak terjadi. Sebetulnya mengapa hal ini mampu terjadi? Normalkan pusing ketika hamil muda dan apa dampak buruknya bagi pertumbuhan dan perkembangan janin?

Pusing Saat Hamil Muda
Secara pasti , penyebab pusing ketika hamil muda memang belum mampu diketahui. Namun , beberapa pakar kehamilan menganggap kalau terjadinya problem ini tak lain ialah alasannya pengaruh hormon kehamilan , peningkatan volume , dan sirkulasi darah. Ketiga hal ini ialah beberapa faktor penting yang memicu pusing selama kehamilan terjadi. Faktor-faktor ini akan lebih berpotensi menimbulkan pusing terutama kalau dikombinasikan dengan problem insomnia , kurang tidur , kelelahan mata , alergi , stres , depresi , atau dehidrasi.

Meski akan sembuh dengan sendirinya ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua (di usia ini hormon kehamilan akan kembali normal) , pusing ketika hamil tetap saja akan mengganggu aktivitas. Oleh alasannya itu , penanganan perlu segera dilakukan alasannya dikhawatirkan keluhan ini juga mampu mengganggu tumbuh kembang janin. Lalu , tindakan pengobatan apa yang mampu dilakukan?

1. Menghindari Makanan Pemicu

Untuk mencegah pusing ketika hamil muda , Anda tentu perlu menghindari makanan-makanan yang berpotensi memicu terjadinya problem ini. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan yang mengandung MSG (penyedap rasa) , tambahan buatan , tape , makanan yang berbau menyengat , dan makanan-makanan yang mengandung nitrit atau nitrat tinggi.

2. Gunakan Kompres

Pusing Saat Hamil Muda
Jika pusing sudah mulai menyerang , Anda disarankan untuk menggunakan kompres. Kompres yang digunakan mampu berupa kompres panas maupun kompres dingin. Namun , saya cenderung menganjurkan untuk menggunakan kompres masbodoh saja. Kompres masbodoh yang dibumbui dengan sedikit aroma terapi mampu membantu badan Anda merasa rileks dan mengurangi rasa pusing migran yang diderita.

3. Mandi Air Dingin

Pusing kepala sebelah atau migran dapat pula diredakan dengan mandi air dingin. Ya , mandi air masbodoh di pagi hari dengan membasahi seluruh badan rupanya mampu mengurangi rasa sakit yang Anda derita. Namun , kalau kondisi kesehatan Anda tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal ini , Anda mampu menggantikannya dengan mencuci muka atau memercikan sedikit air masbodoh ke wajah Anda. Saya sendiri melaksanakan hal ini , dan akhirnya cukup menakjubkan.

4. Menghindari Lelah , Haus , dan Lapar

Kelelahan , haus , dan lapar ialah 3 kondisi yang mampu memicu terjadinya pusing ketika hamil muda. Untuk mencegah kelelahan , Anda disarankan untuk mencukup kebutuhan istirahat Anda dengan tidur siang yang cukup dan tidak melaksanakan acara berat. Untuk mencegah lapar , Anda mampu makan dengan porsi kecil tapi sering. Sedangkan untuk mencegah kehausan atau dehidrasi , minumlah air putih di sela-sela kesibukan Anda.

5. Melakukan Gerakan Relaksasi

Ibu hamil muda yang terlampau sering mengeluhkan pusing dapat juga melaksanakan beberapa gerakan relaksasi yang aman ibarat dengan berlatih meditasi , yoga , atau self hypnosis. Ketiga gerakan ini mampu mengurangi stress dan menghilangkan kebiasaan pusing yang biasa terjadi , terutama selama kehamilan trimester pertama.

Nah , itulah isu seputar pusing ketika hamil muda beserta cara mengatasinya. Semoga dapat membantu problem Anda dan terakhir kami sarankan Anda untuk tetap berkonsultasi pada dokter terkait problem ini semoga penanganan yang diberikan mampu lebih efektif. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar