Minggu, 13 Agustus 2017

Bolehkah Makan Durian ? Ini Jawabannya!

Bolehkah ibu hamil makan durian ? Pertanyaan ini sering kali muncul dari para ibu hamil yang mengalami ngidam durian. Ya , durian , buah yang memiliki aroma besar lengan berkuasa dan rasa yang khas tersebut memang sangat nikmat. Dengan kenikmatan yang tak bisa digantikan oleh buah jenis lain itu , wajar jikalau tak sedikit wanita hamil yang ingin mengkonsumsinya sebagai salah satu makanan pemuas rasa ngidam.

Bolehkah Makan Durian

Selama ini , mitos yang menyebut jikalau makan durian ketika hamil akan membuat janin di dalam rahim kepanasan beredar santer , baik di media online maupun dari lisan ke mulut. Mitos ini tentu membuat galau para ibu hamil yang memang sudah kebelet ingin makan durian. Antara ia dan tidak , pilihan biasanya akan berujung pada menggagalkan keinginannya itu , demi biar si buah hati tetap dapat tumbuh sehat di dalam rahimnya. Tapi benarkah mitos itu? Bagaimana ilmu kedokteran dan nutrisionist memandang konsumsi durian ketika hamil? Bolehkah ibu hamil makan durian?

Bolehkah  Makan Durian
Bagi dunia kedokteran dan andal nutrisi , secara umum buah durian dianggap sebagai buah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil , asalkan –nah ingat! ada asalkan-nya , asalkan ia dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Buah durian mengandung 2 kandungan yang sangat mungkin bisa membahayakan kehamilan dan janin terutama jikalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Kedua kandungan itu ialah asam arachidonat dan alkohol.

Asam arachidonat yang terkandung dalam buah durian bisa memicu pembentukan enzim progstaglandin. Enzim ini ialah enzim yang bisa merangsang terjadinya kontraksi pada rahim. Pada usia kehamilan awal , kontraksi rahim bisa berbahaya jikalau terjadi terus menerus. Rahim yang berkontraksi terus menerus selama awal kehamilan bisa menjadikan bayi terlahir prematur sampai keguguran.

Lain halnya dengan asam arachidonat , kandungan alkohol dalam buah durian memang sangat-sangat berbahaya bagi ibu hamil. Mengkonsumsi durian dalam jumlah yang terlalu banyak baik di awal , tengah , atau selesai masa kehamilan sama halnya dengan memasukan alkohol ke dalam badan janin Anda. Kondisi ini bisa mensugesti tahapan perkembangan janin. Ia bisa terlahir prematur dan memiliki berat lahir yang rendah.

Nah , walaupun durian memiliki 2 kandungan berbahaya ini , gue rasa Anda tak perlu was-was jikalau makan durian dalam jumlah terbatas. Lalu berapakah batas konsumsi buah durian bagi ibu hamil? Jawabannya ialah setengah buah saja dalam sehari.

Itulah sekilas pemaparan sekaligus tanggapan dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan durian. Semoga dengan artikel ini , wawasan ibu hamil sekalian dapat terbuka sehingga bisa menentukan yang terbaik untuk Anda dan si buah hati yang masih ada di dalam perut. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar