Selasa, 08 Agustus 2017

12 Keluhan Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya

Selama keluhan-keluhan ibu hamil tersebut? Simak pemaparannya berikut ini!

1. Sakit Pinggang

Ketika rahim mengembang , banyak wanita mulai mencicipi nyeri di paha , pangkal paha , perut , dan punggung mereka. Keluhan ibu hamil ini umum terjadi karena disebabkan oleh melonggarnya sendi , peningkatan berat tubuh , dan besarnya tekanan dari kepala janin. Untuk mengatasinya , pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu mencukupi kebutuhan istirahat Anda.

Keluhan

2. Sesak Nafas

Keluhan ibu hamil yang selanjutnya yaitu sesak nafas. Sesak nafas umum terjadi pada trimester ketiga kehamilan karena pengaruh perkembangan janin yang menekan ruang di paru-paru sehingga kemampuan organ ini untuk menyimpan volume oksigen jadi semakin sedikit. Untuk mengatasi keluhan ini , Anda disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi , menghindari kopi dan minuman bersoda , serta melaksanakan latihan yoga.

3. Sembelit

Keluhan sembelit pada ibu hamil disebabkan kadar hormon kehamilan yang meningkat. Hormon akan mengendurkan otot di usus dan memperlambat pencernaan , sehingga makanan Anda tidak dicerna dengan lembut. Adapun untuk membantu meminimalkan keluhan ibu hamil yang satu ini , beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya banyak minum air , hindari kafein , banyak makan makanan kaya serat dan mencoba olahraga ringan.

4. Kelelahan dan Susah Tidur

Pada trimester pertama , banyak wanita merasa sangat lelah meskipun telah banyak istirahat , sedangkan selama trimester ketiga biasanya mereka justru akan sulit tidur karena bayi bergerak lebih sering , tekanan berlebih di adegan perut , dan sering buang air kecil. Untuk membantu diri Anda menerima waktu tidur lebih banyak , cobalah tidur dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil atau dengan mencoba untuk pergi tidur lebih awal.

Keluhan

5. Mulas , Maag , dan Gangguan Pencernaan

Mulas , maag , dan gangguan pencernaan yang terjadi ketika masa kehamilan umumnya disebabkan pertumbuhan rahim yang semakin besar dan pengaruh hormon kehamilan. Pertumbuhan rahim membuat kanal pencernaan melambat dan menimbulkan kembung , sedangkan hormon akan mengendurkan adegan yang memisahkan perut dan kerongkongan. Untuk mengatasi keluhan ibu hamil yang satu ini , hindarilah gorengan atau makanan berminyak , makanan pedas atau jeruk , dan mengkonsumsi camilan sehat untuk ibu hamil.

6. Wasir

Beberapa penelitian pertanda bahwa hampir 50% wanita hamil akan mengalami wasir di masa kehamilannya. Keluhan ibu hamil satu ini umumnya disebabkan oleh peningkatan volume darah yang kemudian menimbulkan pembesaran pembuluh darah , perkembangan rahim , dan sembelit. Untuk mengatasinya , minumlah banyak cairan , makan makanan tinggi serat , dan jangan mengejan terlalu keras ketika buang air besar.

7. Kram Kaki

Kram kaki bisa datang tiba-tiba dan biasanya terjadi ketika tidur di malam hari. Keluhan ibu hamil satu ini umumnya disebabkan karena perubahan tubuh dalam memproses kalsium. Untuk membantu duduk perkara ini , lenturkanlah kakiregangkan otot-otot , dan aktiflah bergerak melalui olahraga atau latihan ringan.

8. Gatal

Sekitar 20% wanita mengalami gatal di adegan perut , telapak kaki , atau telapak tangan selama masa kehamilannya. Gatal terjadi biasanya disebabkan oleh perubahan hormon kulit dan peregangan kulit selama kehamilan. Adapun cara terbaik untuk mencegah duduk perkara ini yaitu dengan menghindari mandi air panas , mengoleskan lotion pelembab atau minyak zaitun pada adegan yang gatal , serta menggunakan bedak bayi setelah mandi.

Keluhan

9. Morning Sickness

Morning sickness dapat terjadi sepanjang hari dan biasanya hanya akan dialami selama trimester pertama dan awal trimester kedua. Anda dapat mengurangi keluhan ibu hamil yang satu ini dengan mengonsumsi makanan dingin (seperti roti kering) sebelum Anda bangkit dari kawasan tidur , banyak makanan camilan sehat , menghindari wangi kedaluwarsa atau wangi menyengat , dan tidak berbaring setelah makan.

10. Bengkak

Bengkak umumnya terjadi pada beberapa adegan tubuh , khusunya pergelangan kaki , tangan atau wajah. Keluhan ibu hamil ini terjadi karena penyempitan pembuluh darah sehingga caira tubuh tidak didistribusikan dengan normal. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan minum cukup air dan meninggikan posisi kaki Anda ketika berbaring.

11. Sering Buang Air Kecil

Bayi Anda akan menekan otot dasar panggul , uretra , dan kandung kemih Anda dan menimbulkan Anda lebih sering ingin buang air kecil dan ngompol. Keluhan ibu hamil yang satu ini dapat diatasi dengan melaksanakan latihan senam kegel biar otot-otot Anda bisa menjadi lebih kuat.

12. Stretch Marks dan Perubahan Kulit Lainnya

Stretch mark biasanya terjadi pada payudara , perut , pantat , dan paha selama paruh kedua kehamilan Anda. Beberapa wanita juga memiliki perubahan kulit lainnya menyerupai kulit gelap , infeksi , dan melasma. Namun jangan cemas , karena sebagian keluhan ibu hamil tersebut umumnya akan hilang dan memudar setelah Anda melahirkan.

Nah , itulah beberapa keluhan ibu hamil yang mungkin Anda alami di masa kehamilan Anda kelak. Nikmati proses ini dan jangan lupa untuk berkonsultasi pada tenaga kesehatan setempat biar jangan hingga banyak sekali keluhan di atas mengganggu Anda terlalu lama. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar