Senin, 14 Agustus 2017

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda [Pengalaman Pribadi]

Mual ketika hamil muda yaitu salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh para wanita di masa kehamilannya. Keluhan ini sesungguhnya yaitu dampak dari perubahan hormonal badan mereka yang berusaha menyesuaikan kondisi di dalam organ reproduksi yang mulai terisi oleh janin. Perubahan hormonal pada ketika hamil muda membuat penciuman ibu hamil umumnya akan lebih sensitif. Dengan bacin dan aroma yang sedikit berbeda saja , dengan mudah ibu hamil tersebut bisa pribadi mual dan muntah.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Mual ketika hamil muda sangat menyiksa. Muntah-muntah yang terjadi ketika pagi membuat hari-hari di masa awal kehamilan menjadi sangat tidak nyaman. Selain itu , dehidrasi yang mungkin terjadi alasannya yaitu cairan banyak keluar ketika muntah juga bisa menjadikan duduk perkara lanjut yang cukup serius. Untuk itu , penanganan sempurna dalam mengatasi mual ketika hamil muda perlu segera dilakukan. Adapun berdasarkan pengalaman saya , mengatasi mual ketika hamil muda bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

1. Memilih Jenis Makanan

Memilih jenis makanan yaitu cara mengatasi mual ketika hamil muda yang menurut saya paling ampuh. Ada 2 jenis makanan terkait hal ini , yaitu ada makanan yang bisa memicu mual dan ada pula makanan yang baik untuk awal kehamilan sehingga justru bisa meredakan mual. Beberapa makanan yang dapat memicu mual dan harus Anda hindari misalnya makanan pedas , makanan yang berminyak , dan makanan yang berbau menyengat. Sedangkan makanan yang dapat meredakan dan mencegah mual misalnya makanan yang mengandung vitamin B ibarat pisang , makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi ibarat biskuit , cracker , atau roti.
Tips: Memakan biskuit atau cracker sebelum Anda mengangkat kepala dari bantal ketika bangkit pagi terbukti sangat efektif mencegah mual pada hari tersebut.

2. Mengatur Pola Makan

Selain dengan memilih jenis makanan , mengatur teladan makan Anda selama usia kehamilan trimester awal juga dapat menjadi satu cara mengatasi mual yang cukup mujarab. Mual umumnya terjadi ketika kondisi perut kosong dan ketika Anda makan terlalu banyak. Untuk itu hindari kedua kondisi tersebut! Jangan pernah membiarkan perut terasa lapar dan jangan pula makan banyak dengan waktu yang cepat.

3. Memperbanyak Minum

Untuk mencegah dehidrasi alasannya yaitu Anda terlalu banyak muntah , minumlah lebih banyak air putih atau jus buah. Jangan hingga dehidrasi terjadi pada Anda alasannya yaitu hal ini akan membuat Anda semakin lemas dan murung seharian.
Tips : Jika Anda mengkonsumsi vitamin kehamilan , pastikan untuk tidak meminumnya ketika kondisi perut masih kosong.

4. Menggunakan Ramuan Tradisional 

Jahe yaitu materi tradisional yang bisa mencegah dan mengurangi intensitas mual Anda di pagi hari. Memasukan rempah berjulukan latin Zingiber officinale dalam teh dan kuliner Anda serta mengkonsumsi permen jahe akan bisa men-stop rasa mual di perut dan tenggorokan.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

5. Beberapa Cara Lain

Cara mengatasi mual ketika hamil muda juga dapat dilakukan dengan kombinasi beberapa hal berikut:
  • Saat menyikat gigi , jangan gunakan terlalu banyak odol. Odol biasa umumnya bisa memicu mual. Ganti odol Anda dengan odol yang memiliki rasa mint. Rasa mint bisa mencegah mual.
  • Hindari ruangan yang sesak panas , dan daerah dengan bau-bauan yang menyengat.
  • Pengalaman saya , makan satu buah pisang lilin ketika pagi hari sangat membantu mengatasi mual ketika hamil muda.

Nah , itulah beberapa tips atau cara mengatasi mual ketika hamil muda. Tips-tips tersebut bisa dikombinasikan untuk memperoleh hasil maksimal. Kendati begitu , mengunjungi dokter untuk mengkonsultasikan hal ini yaitu penting. Jangan hanya mengandalkan gosip dari internet saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar