Jumat, 04 Agustus 2017

5 Tips Mudah Atasi Flek Coklat ketika Hamil

Lima puluh sampai 75% ketiak hitam , kulit berminyak , gatal , perubahan warna kulit , hiperpigmentasi , dan munculnya flek coklat di wajah dan kulit tersebut dapat terjadi akhir pengaruh hormon kehamilan yang jumlahnya terus meningkat sepanjang masa kehamilan. Di antara masalah-masalah kulit yang muncul , flek coklat di wajah -atau biasa dikenal dengan istilah melasma- merupakan problem yang paling serius. Selain meninggalkan bekas yang sulit hilang , flek coklat di wajah dapat membuat penampilan dan kecantikan para ibu hamil menjadi sangat buruk.

Mengatasi Flek Coklat di Wajah Saat Hamil

Menyadari bahwa flek coklat di wajah dikala hamil merupakan problem yang serius bagi penampilan , Anda tentu tak boleh menganggapnya sebagai hal yang sepele. Anda perlu melaksanakan tindakan-tindakan yang sebisa mungkin dapat mencegah efek yang lebih parah. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi flek coklat di wajah dikala hamil tersebut antara lain :

Flek Coklat dikala Hamil

1. Cukupi Kebutuhan  Asam Folat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi flek coklat dikala hamil yaitu dengan mencukupi kebutuhan asam folat. Asam folat yaitu nutrisi penting bagi kesehatan kehamilan. Selain mendukung perkembangan janin , mencukupi asam folat juga dapat mencegah hiperpigmentasi dan problem kulit. Anda mampu mencukupi kebutuhan asam folat dengan konsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil menyerupai pisang , ikan salmon , sayur bayam , dan lain sebagainya.

2. Gunakan Tabir Surya

Flek coklat dikala hamil juga dapat dipicu oleh teriknya sinar matahari. Untuk menghindari dan mengatasinya , Anda mampu menggunakan tabir surya terutama dikala akan beraktivitas di luar rumah. Tabir surya dengan SPF tinggi dapat melindungi wajah dari paparan terik matahari dan meminimalkan problem kulit alasannya yaitu pengaruh hormonal.

3. Gunakan Lidah Buaya

Menggunakan air pengecap buaya sebagai masker sebelum tidur juga dapat mengatasi dan mencegah flek hitam dikala hamil. Lidah buaya aman digunakan ibu hamil. Selain itu , menggunakan materi ini juga tak akan menguras kocek. Agar khasiatnya lebih tampak , sebaiknya rutinlah menggunakan masker ini di usia kehamilan final dan masa setelah persalinan.

4. Gunakan Ekstrak Kulit Pinus

Dikutip dari Livestrong.com , para peneliti China Academy Pharmacy menemukan bahwa ekstrak kulit Pinus pinaster mampu membantu mengobati problem flek coklat dikala hamil dengan sangat efektif. Ekstrak kulit pinus diketahui mengandung pycnogenol , senyawa atsiri yang memiliki kegunaan untuk mengatasi problem kulit. Senyawa ini juga aman dan tidak menjadikan efek samping bagi kehamilan.

5. Salep Ginseng

Penemuan selanjutnya dari penelitian China Academy Pharmacy menyebutkan bahwa untuk mengatasi flek coklat dikala hamil , Anda juga mampu menggunakan abu gingseng dan abu pegagan sebagai salep wajah. Campurkan kedua materi tersebut dalam jumlah sama menggunakan minyak zaitun , kemudian oleskan 2 kali sehari eksklusif pada bab wajah yang berflek , kemudian biarkan 15 menit dan bilas.

Nah , itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi flek coklat dikala hamil. Terapkan cara-cara tersebut dan berusahalah untuk menghindari obat-obat atau kosmetik yang belum tentu aman bagi janin Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar