Jumat, 04 Agustus 2017

Sering Kentut ketika Hamil Atasi dengan 5 Tips Ini!

Gangguan pencernaan merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami para ibu selama masa kehamilannya. Diare , perut kembung , bergas , konstipasi atau susah BAB , dan maag , yaitu beberapa pola problem pencernaan yang timbul akhir perubahan metabolisme badan mereka seiring dengan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungannya. Di antara problem pencernaan tersebut , sering kentut (buang angin) yaitu keluhan yang paling meresahkan , terutama bagi para mengatasi sering kentut ketika hamil dengan mudah.

Sering Kentut ketika Hamil

Sering kentut ketika hamil dapat terjadi akhir ukuran rahim yang mengalami pembesaran seiring dengan tahapan perkembangan janin. Pembesaran rahim ini menimbulkan Anda hanya punya sedikit ruang dalam perut yang dapat digunakan untuk memproduksi dan menyimpan gas.

Sering Kentut ketika Hamil

Sesuai dengan penyebabnya itu , sering kentut ketika hamil biasanya hanya akan dialami oleh para ibu yang telah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Adapun gejala yang dialami sebelum mendapat keluhan ini , para ibu umumnya akan terlebih dahulu mengalami perut kembung , kram perut , dan diare.

Sering kentut ketika hamil harus diatasi sebab sangat mengganggu aktivitas. Berikut ini kami telah siapkan beberapa cara ampuh mengatasi sering kentut ketika hamil beserta penjelasannya. Silakan disimak!


1. Perhatikan Jenis Makanan

Untuk mengatasi problem sering kentut ketika hamil , satu hal utama yang harus Anda perhatikan yaitu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan-makanan yang banyak mengandung gas atau akan menghasilkan gas ketika dicerna sebaiknya dihindari di masa kehamilan. Beberapa pola makanan tersebut misalnya talas , singkong , kol , tape , ubi jalar , dan lobak.

2. Atur Pola Makan

Selain memperhatikan jenis makanan , untuk mengatasi sering kentut ketika hamil , Anda juga perlu mengatur pola makan. Makan dalam porsi sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan makan banyak sekaligus. Makan banyak sekaligus akan membuat usus bekerja lebih ekstra sehingga gas yang dihasilkan akan lebih banyak.

3. Hindari Pakaian Ketat

Selama hamil , usahakanlah untuk selalu mengenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Selain dapat mengatasi gerah ketika hamil , mengenakan pakaian khusus ibu hamil juga dapat mengurangi perut kembung dan produksi gas dalam usus besar.

4. Minum Air Hangat

Konsumsi makanan dan minuman hangat juga mampu menjadi alternatif dalam mengatasi keluhan sering kentut pada ibu hamil. Makanan dan minuman hangat cukup efektif untuk menekan produksi gas dalam usus besar dan mengubah sebagian besar gas yang ada menjadi berwujud padat.

5. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin dapat mengoptimalkan sistem pencernaan badan dan membuat produksi gas menjadi berkurang. Jika Anda mengalami problem sering kentut ketika hamil , melaksanakan olahraga yang aman untuk ibu hamil menyerupai berenang , yoga , pilates , dan jalan sehat mungkin akan banyak membantu.

Nah , itulah beberapa tips yang mampu Anda lakukan untuk mengatasi keluhan sering kentut ketika hamil. Keluhan ini memang tidak membahayakan bagi janin dan ibunya , namun kalau dibiarkan begitu saja tanpa penanganan , hari-hari Anda pasti akan menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu , cobalah untuk mengatasinya dengan cara sederhana di atas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar