Minggu, 13 Agustus 2017

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Metode HPHT

Usia kehamilan ialah hal penting yang harus diketahui oleh setiap wanita hamil. Dengan mengetahui usia kehamilan , seseorang dapat menentukan perlakuan atau tindakan khusus yang perlu dikerjakan untuk menjaga kehamilannya semoga tetap sehat sesuai dengan tahapan perkembangan janin. Kendati demikian , rupanya masih banyak ibu hamil yang tidak tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat.

Cara Mengitung Usia Kehamilan

Untuk menghitung usia kehamilan , bergotong-royong ada beberapa tes dan cara yang dapat Anda lakukan. Namun , sebab keterbatasan dana dan waktu , kebanyakan orang biasanya menggunakan hitung-hitungan sendiri. Tanpa tes , tanpa ribet , tanpa keluar uang , dan hanya bermodalkan logika atau kalkulator saja. Sederhana memang. Namun , apakah Anda tahu bagaimana cara menghitungnya?

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Metode HPHT

Cara menghitung usiamasa subur , dan tahun kapan hari pertama haidh terakhir Anda , gres kemudian Anda mampu memasukan tanggal HPHT tersebut ke dalam rumus Neagle.

Rumus Neagle ialah rumus yang digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan serta menghitung hari perkiraan lahir. Penggunaan rumus Neagle ini kami anggap cukup mudah. Dengan menambahkan tanggal pertama dari haid terakhir dengan angka 7 , mengurangi bulan pertama haidh terakhir dengan 3 , dan menambahkan tahunnnya dengan angka 1.

Sebagai pola , jikalau Anda mengalami menstruasi terakhir pada tanggal 16 November 2015 , maka diperkirakan Anda akan melaksanakan persalinan pada tanggal 23 Agustus 2016. Ingat:

DD = 16 + 7 = 23
MM = 11 (November) – 3 = 8 (Agustus)
YYYY = 2015 + 1 = 2016 ,                   HPL jatuh pada 23 Agustus 2016.

Catatan: Untuk bulan yang tidak dapat dikurangi dengan 3 (Januari , Februari , dan Maret) , bulan HPHT ditambah 9 , namun tahunnya tetap.

Berdasarkan rumus Neagle ini , kita tahu HPL atau hari perkiraan lahir bayi Anda jatuh pada tanggal 23 , maka setiap tanggal 23 usia kehamilan akan bertambah satu bulan. Dari pada galau , jikalau Anda sedang online di laptop atau tablet , aplikasi kalkulator kehamilan ini mungkin akan banyak membantu dalam menghitung usia kehamilan Anda.
Hari Pertama Haid Terakhir

(HPHT)
Tanggal (DD)

Bulan (MM)

Tahun (YYYY)
Lama Siklus Haid Rata-rata

Boleh tidak diisi
(22 - 45 hari)

*Umumnya 28 hari
Perkiraan Pembuahan
Perkiraan Usia Janin
Perkiraan Siap Dilahirkan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga

Nah , itulah seputar cara menghitung usia kehamilan dengan metode HPHT menggunakan rumus Neagle. Semoga mampu bermanfaat bagi Anda semuanya. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar