Jumat, 11 Agustus 2017

Sakit Mata pada Bayi? Ini Cara Mengatasinya!

Kondisi kekebalan badan bayi yang rentan memungkinkan mudahnya terjadi abses basil , virus , dan jamur penyebab banyak sekali penyakit. Salah satu abses yang cukup sering terjadi ialah abses pada mata. Menyadari bahwa mata merupakan organ sangat penting dalam kehidupan , abses atau sakit mata pada bayi nampaknya sangat perlu untuk mendapat perhatian serius. Kita dituntut berhati-hati dalam bertindak. Sakit mata pada bayi tak mampu dianggap sepele , oleh karena itu , perhatikanlah uraian tim pakar ibu-hamil.web.id terkait sakit mata pada bayi berikut ini.

Penyebab Sakit Mata pada Bayi

Sakit Mata pada Bayi? Ini Cara Mengatasinya!

Hidup tanpa mata yang tak mampu berfungsi tentu tak mampu dibayangkan. Dunia gelap dan tak ada apapun yang mampu dilihat. Kesehatan mata ialah modal awal yang sangat besar dalam menjalani kehidupan , oleh karena itu , kesehatan dari indera penglihatan ini tentu harus kita jaga sejak usia bayi dan balita sampai usia lanjut. Nah , terkait dengan kesehatan mata bayi , perlu diketahui bahwa selain faktor kekebalan badan yang masih lemah , sakit mata pada bayi dapat terjadi karena disebabkan beberapa hal menyerupai adanya kebiasaan bayi yang sering menyentuh tempat di sekitar mata setelah menyentuh benda-benda kotor yang ada di sekelilingnya , masuknya abu atau basil secara tak sengaja , paparan radiasi alat elektronik , dan kurang asupan vitamin A.

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

Seperti dijelaskan dalam situs kesehatan Webmd , cara mengatasi sakit mata pada bayi dapat dilakukan dengan tindakan preventif menjaga kebersihan bayi dan lingkungan di sekitarnya. Adapun mengganti sarung tangan bayi secara terencana ialah salah satu yang menjadi prioritas dalam hal ini.

1. Hilangan Sumbatan Kelenjar Air Mata

Mata bayi belekan yang terjadi secara normal akan menjadikan penyumbatan jalan masuk air mata. Selain dengan membersihkannya menggunakan kapas dan air hangat , lakukan juga pemijatan area lingkat mata pangkal hidung , menyerupai yang dijelaskan pada artikel Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi.

2. Hindarkan Kontak Debu dengan Matanya

Menghindarkan bayi dari kontak abu diluar rumah juga sangat penting ketika si bayi diajak bepergian. Tutupi episode wajahnya dengan kain bersih ketika ia diajak naik motor atau berjalan kaki. Serangan abu kadang tidak dapat diduga-duga , oleh hasilnya Anda harus tetap waspada.

3. Teteskan Air Susu pada Mata Bayi yang Sakit

Selain dengan tindakan tersebut , banyak ibu-ibu Jawa mengatasi sakit mata pada bayinya dengan meneteskan air susunya ke mata si bayi secara terencana 3 kali sehari sampai kemerahan pada putih matanya menjadi kembali putih.

Nah , itulah cara mengatasi sakit mata pada bayi. Semoga cara-cara tersebut mampu mengatasi keluhan pada organ vital bayi Anda. Jika sakit terus berlanjut , segera hubungi dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar