Senin, 07 Agustus 2017

Rambut Rontok Setelah Melahirkan ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Tak sedikit wanita yang kaget ketika menemukan kenyataan bahwa setelah melahirkan rambutnya menjadi rontok dan rusak. Rambut rontok setelah melahirkan memang merupakan hal yang umum terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan hormonal badan yang berubah secara drastis pasca persalinan. Ingin tahu penyebab lengkap yang mengakibatkan rambut Anda rontok setelah melahirkan beserta tips untuk mengatasinya? Simak uraian kami berikut ini!

Rambut Rontok setelah Melahirkan

Fenomena rambut rontok setelah melahirkan selama ini memang terjadi pada > 50 % wanita pada 3 bulan setelah mereka melahirkan. Fenomena ini terutama akan dialami oleh wanita yang telah melahirkan anak laki-laki. Faktor yang menjadi penyebab utama problem tersebut tak lain alasannya yaitu adanya perubahan hormonal yang terjadi secara drastis pada badan mereka.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Mungkin Anda tak sadar bila selama kehamilan , rambut Anda tumbuh dengan sangat sehat. Ia berkilau , tebal , dan lebih halus dari sebelumnya alasannya yaitu pengaruh hormon estrogen yang diproduksi badan Anda dengan sangat banyak. Produksi hormon yang sangat banyak itu , kemudian berangsur-angsur turun dan membuat tautan rambut dan kulit kepala Anda menjadi sangat lemah , kemudian membuat rambut Anda sangat mudah rontok.

Lebih dari 100 helai rambut mungkin akan rontok setiap hari setelah Anda melahirkan tentu akan membuat Anda sangat was-was. Anda tentu khawatir bila alasannya yaitu kesehatan rambut Anda yang memburuk ini mampu membuat penampilan Anda berubah menyedihkan. Untuk itu , Anda tentu memerlukan tindakan yang mampu mengatasinya dengan cepat. Tindakan-tindakan berikut ini mungkin mampu membuat keadaan menjadi lebih baik sehingga fenomena rambut rontok setelah melahirkan mampu Anda lalui tanpa tekanan.


1. Hindari Stress

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan yaitu dengan menghindari stress. Sterss akan membuat kerontokan di rambut Anda akan menjadi lebih parah. Jaga kestabilan mental dan emosional Anda untuk menjaga keseimbangan produksi hormon di badan Anda sehingga helaian rambut yang terlepas dari kulit kepala menjadi lebih terkendali.
Rambut rontok setelah melahirkan yaitu hal lumrah yang banyak dialami oleh wanita. Jangan terlalu khawatir , alasannya yaitu di kemudian hari , rambut Anda yang rontok pasti akan tumbuh kembali.

2. Makan Makanan Bergizi

Konsumsi makanan-makanan yang bergizi dan makanan yang mengandung nutrisi kesehatan rambut ibarat kacang-kacangan , daging , ikan , dan seafood juga sangat baik dilakukan untuk mengatasi problem rambut rontok setelah melahirkan. Jika perlu , konsumsi pula perhiasan Omega 3 ibarat minyak ikan supaya rambut Anda yang rontok mampu lebih cepat tumbuh lagi.

3. Lakukan Perawatan Rambut

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan yaitu dengan melaksanakan perawatan rambut. Berikan vitamin rambut , gunakan kondisioner , potong rambut , dan pilih shampoo yang dikhususkan untuk mengatasi problem rambut rontok supaya jumlah helaian rambut yang terlepas dari kulit kepala Anda mampu lebih sedikit.

4. Hindari Tindakan Berlebihan

Saat mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan , Anda disarankan untuk menghindari penggunaan hair dryer (pengering rambut) , sisir dengan gigi yang rapat , obat keriting , pewarna rambut , highlights , serta obat-obatan kimia lainnya. Penggunaan alat dan obat-obat tersebut mampu membuat kondisi rambut Anda justru semakin parah.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika setelah menerapkan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan di atas Anda tidak menemukan perkembangan lebih baik atau justru jumlah rambut rontok Anda bertambah , ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang jago di bidang rambut untuk menerima saran yang lebih baik.

Nah , itulah penyebab dan 5 cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan menerapkan cara-cara tersebut , Anda mampu merasa lebih nyaman alasannya yaitu jumlah rambut rontok Anda semakin sedikit. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar