Senin, 14 Agustus 2017

Usia Kehamilan 6 Bulan? Konsumsi 6 Makanan Ini!

Memasuki kehamilan usia 6 bulan , perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil akan semakin terang terlihat , terutama pada bab perut yang ukurannya kian membesar. Selain itu , perkembangan janin pada usia 6 bulan ini juga kian progresif. Otaknya sudah mulai berfungsi , tulang dan sendinya semakin berpengaruh , pembuluh darah kian berkembang , jalan masuk nafas , lisan , juga bibirnya sudah terbentuk dengan wujud yang sempurna. Nah , menyadari pada progress pertumbuhan janin tersebut , ada beberapa hal yang mampu kita lakukan untuk mendorong pertumbuhannya semoga semakin baik. Salah satunya ialah dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya melalui konsumsi makanan-makanan yang baik. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada usia kehamilan 6 bulan? Berikut ini daftarnya!

Makanan untuk Usia Kehamilan 6 Bulan


1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 , DHA , dan EPA. Ketiga zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan pertumbuhan otak janin. Jika Anda ingin memiliki janin Anda menjadi anak yang cerdas , mengkonsumsi ikan salmon terutama dikala usia kehamilan 6 bulan ialah salah satu hal yang mampu dilakukan. Selain ikan salmon , ikan laut lainnya juga memiliki manfaat yang sama. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis ikan laut predator menyerupai tongkol dan kakap yang ditangkap di perairan yang tercemar umumnya mengandung sejumlah banyak merkuri. Merkuri ialah zat yang justru dapat mengganggu perkembangan syaraf janin Anda.

2. Telur Bebek

Telur angsa mengandung aneka macam nutrisi penting yang dibutuhkan janin untuk pertumbuhannya. Namun , meski vitamin , protein , dan mineral banyak terdapat di dalam materi pangan satu ini , zat yang paling mampu diperlukan dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak janin pada usia kehamilan 6 bulan justru ialah kolin. Kolin mencegah bayi terlahir dengan IQ rendah dan cacat tabung syaraf , sehingga mencukupi asupan zat ini melalui konsumsi telur angsa ialah cara terbaik untuk menghasilkan janin yang cerdas semenjak dalam kandungan. Kendati begitu , perlu diingat pula menghindari konsumsi telur angsa mentah atau setengah matang sangat penting dihindari untuk menurunkan risiko bisul basil listeria selama kehamilan Anda.

3. Buncis

Buncis termasuk salah satu sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil , terutama dikala usia kehamilan 6 bulan. Buncis ialah kacang-kacangan dengan kandungan protein dan serat tinggi. kandungan ini memiliki kegunaan untuk mencegah duduk perkara pencernaan sepertu susah buang air besar dan diare yang umum terjadi padai usia kehamilan 6 bulan. Yang perlu diingat ialah pastikan Anda mencuci buncing yang akan dimasak dengan air mengalir. Buncis biasanya disemprot dengan pestisida sebelum dipanen , sehingga kandungan residu di kulit luarnya biasanya masih banyak.

4. Ubi jalar

Ubi jalar atau mantang yang berwarna orange memiliki kandungan karatenoid yang cukup banyak. Karatenoid ialah senyawa yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin A pada janin Anda. Selain itu , ia juga mengandung asam folat dan vitamin C , dua nutrisi penting selama kehamilan. Ubi jalar mampu diolah menjadi ubi rebus atau sebagai makanan pengganti nasi.

5. Daging tanpa lemak

Melakukan diet kehamilan bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsi daging-dagingan. Anda tetap boleh dan justu dianjurkan untuk mengkonsumsi lauk tersebut mengingat materi pangan satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tumbuh kembang janin di usia kehamilan 6 bulan. Hanya saja pastikan daging yang Anda konsumsi ialah daging yang rendah lemak. Daging menyerupai ini biasanya terletak pada bab paha hewan. Selain itu , pastikan pula Anda mengolah daging yang akan dimakan dengan sehigienis mungkin. Jangan makan ayam bakar atau sate , alasannya keduanya diolah dengan suhu rendah sehingga berpotensi masih mengandung basil toksoplasma yang mampu membahayakan kelangsungan tumbuh kembang janin.

6. Sayuran Hijau

Nah , makanan terbaik yang mampu dikonsumsi selama usia kehamilan 6 bulan ialah sayuran hijau. Sawi , bayam , kangkung ialah beberapa pilihan yang mungkin mampu Anda coba untuk mencukupi kebutuhan badan akan serat. Sayuran hijau umumnya juga mengandung asam folat , zat yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak janin semoga ia cerdas semenjak dalam kandungan.

Nah , itulah 6 makanan yang baik dikonsumsi selama usia kehamilan 6 bulan. Semoga gosip ini dapat membantu Anda untuk medapatkan bayi yang sehat , berpengaruh , dan cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar