Minggu, 06 Agustus 2017

Es Krim untuk Bahaya atau Aman? Ini Jawabannya

Mengkonsumsi es krim di masa kehamilan sering dianggap sebagai sebuah pantangan bagi sebagian besar masyarakat kita. Alasannya , es krim diyakini merupakan salah satu kudapan yang dapat membuat ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungannya semakin gendut sehingga memiliki berat tubuh berlebihan.

Sama halnya dengan konsumsi air es , makan es krim untuk ibu hamil dipercaya mampu menyebabkan bayi terlahir dengan kepala besar sehingga mampu menyulitkan proses persalinan. Benarkah anggapan ini? Bolehkah ibu hamil makan es krim di masa kehamilannya? Berikut , simak hasil wawancara kami bersama dr. Setyono Wirahardjo dari Rumah Sakit Harapan Bunda mengenai duduk perkara ini!

Es Krim untuk

Es Krim untuk

Berdasarkan asal usulnya , es krim bahu-membahu merupakan kudapan yang materi bakunya terbuat dari susu. Baik susu nabati menyerupai susu kedelai , susu kacang hijau , atau susu kelapa; maupun susu hewani semuanya dapat diolah menjadi es krim dengan banyak sekali cita rasa tergantung perisa apa yang diberikan. Menyadari materi bakunya ini , tentu dapat kita simpulkan bahwa es krim untuk ibu hamil justru sangat baik bagi kesehatan , di tengah banyak sekali alasan ibu hamil untuk enggan mengkonsumsi susu selama kehamilan. Apa saja manfaat kesehatan dari konsumsi es krim untuk ibu hamil tersebut?

1. Meningkatkan Kesuburan

Riset yang dilakukan Harvard School of Public Health , Boston menemukan fakta bahwa kalau seorang wanita ingin segera memperoleh kehamilan , maka ia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Makanan tinggi lemak menyerupai olahan yang terbuat dari susu dapat meningkatkan peluang terjadinya konsepsi dalam rahim , menurunkan risiko infertilitas , serta meningkatkan kesuburan organ reproduksinya.

Jika Anda termasuk orang yang sulit hamil , berdasarkan fakta tersebut berarti Anda harus banyak mengkonsumsi susu atau produk olahannya semoga mampu segera dikaruniai buah hati. Salah satu produk olahan susu yang paling banyak disukai tentu apa lagi kalau bukan si es krim ini.

2. Menambah Berat Badan

Ibu hamil dengan berat tubuh rendah dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi , terutama pada dikala menjelang hari persalinan. Es krim dalam hal ini yang 100 gram-nya mengandung 207 kkal dan 16 gr gula mampu menjadi salah satu alternatif yang mungkin mampu Anda pilih.

3. Menunjang Pertumbuhan Tulang pada Janin

Selama kehamilan , kebutuhan akan kalsium akan meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Kalsium diharapkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi berpengaruh bayi Anda di kemudian hari , sehingga kalau asupan nutrisi ini tidak dipenuhi , maka ia akan mengambilnya pribadi dari tulang dan gigi ibunya dan  Anda akan menjadi lebih rentan terkena osteoporosis di hari tua.
Untuk mencukupi kebutuhan kalsium Anda perlu mengkonsumsi komplemen kalsium atau mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Di mana salah satunya ialah si es krim ini.

4. Mengatasi Mual

Mual dan muntah di masa awal kehamilan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang manis dan tinggi kalori menyerupai es krim. Hingga kini , masih jarang yang tahu kalau es krim untuk ibu hamil mampu membantu mengatasi duduk perkara ini.

5. Mengurangi Stress

Mengkonsumsi es krim untuk ibu hamil juga dapat merangsang pembentukan hormon thrombotonin. Hormon ini akan membantu memperbaiki suasana  hati , menyebabkan perasaan damai , serta menghilangkan stress , terutama dikala masa tanda-tanda kehamilan awal.

Nah , itulah beberapa manfaat makan es krim untuk ibu hamil yang dapat saya simpulkan dari hasil wawancara dengan dr. Setyono Wirahardjo. Di simpulan wawancara , dia berpesan bahwa es krim memang memiliki banyak manfaat namun dikala mengkonsumsinya , pastikan tidak dalam jumlah berlebih baik itu dalam kondisi Anda sedang hamil maupun tidak. Menurutnya segala sesuatu yang berlebihan pasti akan menyebabkan dampak negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar