Jumat, 04 Agustus 2017

Bolehkah Cabut Gigi ketika Hamil? Ini Bahayanya!!

Selama trimester awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Rasa sakit gigi ini tentu sangat mengganggu dan perlu menerima penanganan ekstra , supaya masa kehamilan dan asupan makanan yang diharapkan oleh bayi dapat tetap tercukupi.

Cabut Gigi ketika Hamil

Salah satu penanganan sakit gigi yang sering diinginkan oleh ibu hamil yaitu cabut gigi. Cabut gigi dianggap sebagai jalan pintas yang efektif untuk segera menyembuhkan problem gigi mereka. Namun amankah cabut gigi dilakukan ketika hamil? Bagaimana pandangan dokter bedah verbal dan dokter kehamilan menanggapi hal ini? Berikut simak hasil wawancara kami dengan dr. Bonar Sirait Sp.OG. dan dr. Gunawan Wibisomo , S. terkait boleh tidaknya cabut gigi ketika hamil dan dampaknya bagi kehamilan. Silakan disimak!

Cabut Gigi ketika Hamil
Dr. Gunawan dan dr. Bonar ketika kami temui di kawasan yang berbeda menyatakan bahwa cabut gigi ketika hamil yaitu hal yang berisiko untuk dilakukan. Bagi Anda yang mengalami problem gigi , disarankan untuk mengobatinya menggunakan bahan-bahan alami saja dan menghindari tindakan ekstrim ini.

Cabut gigi ketika hamil diyakini dapat menyebabkan komplikasi problem kehamilan , apalagi jikalau si ibu yang akan dicabut giginya termasuk memiliki kehamilan risti atau resiko tinggi. Cabut gigi merupakan tindakan berat bagi janin. Pembiusan lokal yang dilakukan supaya ketika giginya dicabut , si ibu tidak kesakitan , sering kali mensugesti metabolisme darah dan sangat berisiko bagi ibu yang mengalami gejala anemia atau hipertensi.
Menurut dr. Gunawan , cabut gigi ketika hamil yang dilakukan pada ibu yang mengidap anemia dan hipertensi dapat menimbulkan berat bayi lahir rendah , kelahiran prematur , sampai keguguran.
Meski cabut gigi ketika hamil dianggap berbahaya , namun membiarkan gigi sakit terus menerus juga bukanlah hal yang bijak. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya sebab tidak tahan dengan gigi yang sakit itu , maka berkonsultasilah ke dokter Anda. Dokter yang memeriksa Anda eksklusif tentu lebih tahu mengenai kondisi kesehatan Anda. Ia mungkin akan memiliki pertimbangan yang berbeda. Namun , jikalau mungkin dokter Anda juga tidak menganjurkan cabut gigi , kami menyarankan Anda untuk mengobati sakit gigi ketika menggunakan obat-obat alami yang aman. Adapun beberapa obat sakit gigi alami yang aman untuk ibu hamil dapat Anda lihat daftarnya di sini.

Nah ,  itulah pembahasan singkat kami mengenai ancaman cabut gigi ketika hamil. Dari pembahasan tersebut , dapat disimpulkan bahwa ketika hamil sebaiknya Anda tidak mencabut gigi yang sakit. Pilihlah tindakan pengobatan yang aman dan tanpa efek samping bagi janin Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar