Jumat, 11 Agustus 2017

Mata Bayi Belekan ? Atasi dengan Tips Rahasia Ini!

Mata bayi belekan yaitu suatu hal yang lumrah terjadi pada bayi yang masih kecil. Mata belekan terjadi alasannya yaitu bayi masih belum memiliki kelenjar air mata yang sempurna. Katup air mata masih tertutup , menyumbat susukan air mata , dan menimbulkan air matanya tidak dapat mengalir ke rongga hidung. Hal ini kemudian menimbulkan kotoran mata atau belek jadi tertumpuk di mata. Kondisi ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah 2 bulan , ketika kelenjar air mata bayi sudah dapat bekerja secara lebih baik.

Kendati merupakan hal yang lumrah terjadi , Anda harus tetap waspada jikalau mata bayi belekan disertai dengan beberapa gejala lain menyerupai mata merah , infeksi , kelopak mata lengket , dan belek berwarna kuning kehijauan. Jika gejala-gejala tersebut terjadi , kemungkinan telah berlangsung infeksi selaput mata bayi Anda , baik itu ketika bayi keluar dari jalan lahir ataupun ketika ia telah dilahirkan. Infeksi itu sendiri mampu terjadi alasannya yaitu beberapa penyebab misalnya iritasi kimia klamidia , kuman , atau virus herpes simplek.

Mata Bayi Belekan

Cara Menangani Mata Bayi Belekan

Jika bayi Anda mengalami belekan , jangan pribadi panik. Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu apakah belekan bayi Anda masih tergolong normal atau tidak. Jika belek masih sedikit dan warnanya cerah itu berarti belekan pada bayi Anda masih normal. Anda hanya perlu membersihkannya kain lembut saja. Namun , jikalau beleknya banyak hingga membuat mata bayi menjadi lengket , Anda mampu mengompres matanya dengan kapas dan air hangat. Jangan sekali-kali menggunakan obat tetes mata pada mata bayi Anda yang masih sangat rentan.

Selalu perhatikan perkembangan bayi Anda , apakah adegan putih matanya merah atau tidak. Jika dalam jangka waktu 3 hari tetap tidak ada perubahan , maka sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter. Sampaikan perkembangan kondisi anak Anda dari hari ke hari.

Waspadai Infeksi Mata Merah

Mata bayi yang terinfeksi biasanya adegan putihnya akan menjadi kemerah-merahan. Hubungi dokter biar infeksi ini tidak terus berlanjut. Dokter biasanya akan memperlihatkan obat mata untuk bayi Anda dan pahami bagaimana cara menggunakannya.

Setelah infeksi berhasil diatasi , penyumbatan susukan air mata mampu dilakukan dengan melaksanakan pemijatan. Lakukan pemijatan di adegan dalam mata –bagian akrab dengan pangkal hidung bayi- secara halus dengan tahapan sebagai berikut:
  • Cuci tangan sebelum memijat.
  • Pijat halus menyerupai mengusap , usahakan kuku jari tangan Anda melukai jangan hingga kulit bayi Anda yang masih rentan.
  • Lakukan pijatan dengan gerakan putar-putar di pangkal hidung bayi.
  • Gerakan pijatan juga dapat dilakukan dengan menggerakan jempol dari pangkal hidung ke hidung adegan bawah (gerakan tidak berbalik).
  • Lakukan pijat bayi ini 2 – 3 kali sehari hingga mata bayi belekan dapat teratasi.

Nah , itulah cara mengatasi mata bayi belekan yang dapat kami paparkan. Cara ini sudah beberapa kali kami coba dan jadinya cukup signifikan. Silakan dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar