Selasa, 01 Agustus 2017

6 Obat Diare Tradisional untuk Bayi [Aman dan Ampuh!]

Diare yaitu duduk perkara klasik yang rutin terjadi pada sering buang air besar. Jika bayi Anda mengalami diare , segera lakukan penanganan dan berikan salah satu obat diare untuk bayi berikut ini.

Obat Diare untuk Bayi

Diare membuat badan bayi lemah alasannya kehilangan cairan badan atau dehidrasi yang mereka alami. Dehidrasi sendiri merupakan penyebab ajal 25% bayi di seluruh dunia , oleh alasannya itu jikalau bayi mengalami diare , hal pertama yang harus dilakukan oleh para ibu yaitu dengan mencegah atau meminimalkan kehilangan cairan di tubuhnya dengan cara terus memberinya ASI setiap kali ia simpulan buang air besar.

Obat Diare Tradisional untuk Bayi Selain dengan terus mensuplai kebutuhan cairan tubuhnya , Anda juga dapat melaksanakan tindakan pengobatan lainnya. Beberapa obat diare untuk bayi berikut ini terbukti aman dan bisa membantu mengatasi diare pada bayi Anda secara bertahap.

1. Oralit

Oralit atau cairan gula garam berfungsi sebagai pengganti ion badan yang hilang alasannya buang air besar yang terus menerus. Jangan ragukan keamanan obat diare untuk bayi satu ini. Saat berkonsultasi ke dokter , Anda pun mungkin hanya akan disarankan untuk memberi obat ini pada bayi Anda. Anda bisa memperoleh oralit di apotek atau puskesmas setempat. Anda juga bisa membuat oralit sendiri di rumah dengan cara mencampurkan 1 sdm gula putih dan ¼ sdm garam halus dalam ½ gelas air panas.


2. Air Tajin

Makanan atau minuman yang mengandung zat tepung tinggi ibarat air tajin juga bisa menjadi alternatif obat diare untuk bayi Anda. Keampuhan khasiatnya sudah terbukti semenjak dulu. Nenek moyang kita di masa silam menggunakan air sari beras ini dan kesannya juga cukup memuaskan. Untuk membuat air tajin , rebuslah ½ kg beras dalam 1 liter air. Saat air rebusan sudah mendidih , ambilah air yang terdapat di atas permukaan nasi menggunakan centong. Tampung air tersebut dalam gelas , tambahkan gula dan garam secukupnya , dinginkan , kemudian minumkan pada bayi yang mengalami diare.

3. Saus Apel

Di India , saus apel juga digunakan sebagai salah satu alternatif obat diare untuk bayi yang cukup ampuh. Apel mengandung pektin , sebuah senyawa ampuh yang membantu perembesan air oleh usus halus dan usus besar bayi. Anda tak perlu ragu menggunakan obat ini alasannya sudah terbukti aman dan tidak menjadikan efek apapun. Cara membuatnya sangat sederhana. Potong 1 buah apel jadi beberapa episode , rebus sampai lembut , tambahkan gula 1 sdm dan pala secukupnya , lumatkan dan berikan makanan ini pada bayi Anda.

Obat Diare Tradisional untuk Bayi

4. Madu dan Jahe

Untuk bayi yang berusia > 4 bulan , pengobatan diare juga dapat dilakukan dengan  menunjukkan campuran madu dan jahe kering debu pada bayi sebelum ia dimandikan. Tapi ingat , usahakan untuk memberi bayi Anda madu yang sudah dipasteurisasi , bukan madu asli yang mungkin masih mengandung basil berbahaya.

5. Adas dan Gula

Para ibu di India juga menggunakan campuran adas dan gula putih sebagai obat diare untuk bayinya. Campuran ini diletakan pada pengecap bayi dan dibiarkan lumer di mulutnya. Meski belum dibuktikan secara ilmiah , resep sederhana ini nyatanya telah terbukti berulang kali bisa mengatasi diare pada bayi.

Obat Diare Tradisional untuk Bayi

6. Buah Pisang

Sama ibarat apel , pisang juga mengandung senyawa pektin yang bisa mengatasi diare pada bayi Anda. Pisang memang baik untuk menjaga kesehatan fungsi susukan cerna bayi. Dokter pun biasanya menyarankan Anda untuk memberi buah satu ini pada bayi yang sedang diterpa duduk perkara diare. Perlu diketahui , kandungan kalium yang tinggi di dalam buah pisang juga dapat menggantikan elektrolit yang sudah hilang alasannya diare.

Nah , demikianlah beberapa obat diare untuk bayi yang berhasil kami rangkum dari keterangan para andal , pengalaman langsung , serta dari studi pustaka artikel ilmiah yang kami lakukan. Selain dengan menggunakan obat diare di atas , selama penanganan , usahakan untuk hindari makanan-makanan berminyak , makanan berserat , susu , atau biskuit pada bayi Anda. Makanan-makanan tersebut berpotensi menyebabkan diare pada bayi semakin parah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar